Ketahui Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Ketahui Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux

Ketahui Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux

KEPONEWS.COM - Ketahui Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux JAKARTA - Windows dan Linux sejatinya merupakan sistem operasi komputer. Bedanya Windows merupakan sistem operasi tertutup atau komersial. Pengguna harus membeli lisensi kepada perusahaan yang mengemb...

JAKARTA - Windows dan Linux sejatinya merupakan sistem operasi komputer. Bedanya Windows merupakan sistem operasi tertutup atau komersial. Pengguna harus membeli lisensi kepada perusahaan yang mengembangkanya adalah Microsoft. Sementara Linux merupakan sistem operasi open source atau gratis yang bisa dikembangkan oleh siapa pun.

Dilansir Educba, Selasa (14/1/2020), Windows merupakan sistem operasi yang dilengkapi dengan antarmuka pengguna grafis (GUI) dengan desktop yang memungkinkan pengguna untuk melihat semua file dan video. Sistem operasi ini dirancang untuk berjalan pada perangkat keras x86 seperti AMD dan prosesor Intel. Sistem operasi Windows muncul dengan hampir semua perusahaan yang membuat PC atau laptop.

Versi pertama Windows dirilis pada tahun 1985 yang merupakan GUI sederhana, perpanjangan dari sistem operasi disk yang ada (MS-DOS) dan rilis utama merupakan rilis konsumen 1995 yang telah mengintegrasikan windows dan DOS dengan built-in dukungan internet.

Sebagian besar PC saat ini hanya berjalan pada sistem operasi Windows. Versi sistem operasi Windows terbaru merupakan Windows 10 yang saat ini beredar di pasar.

Windows dan Linux sejatinya merupakan sistem operasi komputer.

Sementara itu, Linux merupakan sistem operasi open-source berbasis UNIX, dibuat pada tahun 1991. Sistem operasi Linux juga dilengkapi dengan antarmuka pengguna grafis (GUI) dengan beberapa perangkat lunak yang diharapkan yang digunakan setiap hari.

Sistem operasi ini juga digunakan di komputer desktop, perangkat seluler, konsol game, perangkat penyimpanan digital, pembaca e-book, kamera, dan perekam video yang menjalankan Linux.

Windows dan Linux sejatinya merupakan sistem operasi komputer.

Windows 7, Sistem Operasi Rilis di 2009 Kini Dihentikan Microsoft

Selanjutnya

Comments