Kesimpulan Penyelidik Robert Mueller: Presiden Trump 'tidak berkonspirasi dengan Rusia'

Internasional

News / Internasional

Kesimpulan Penyelidik Robert Mueller: Presiden Trump 'tidak berkonspirasi dengan Rusia'

Kesimpulan Penyelidik Robert Mueller: Presiden Trump 'tidak berkonspirasi dengan Rusia'

KEPONEWS.COM - Kesimpulan Penyelidik Robert Mueller: Presiden Trump 'tidak berkonspirasi dengan Rusia' ReutersPresiden Donald Trump tidak berkonspirasi dengan Rusia dalam pemilihan umum 2016 lalu, sebut ringkasan laporan Penyelidik Khusus Robert Mueller yang diserahkan kepada Kongres pada Minggu (24/3)...
trumpReuters

Presiden Donald Trump tidak berkonspirasi dengan Rusia dalam pemilihan umum 2016 lalu, sebut ringkasan laporan Penyelidik Khusus Robert Mueller yang diserahkan kepada Kongres pada Minggu (24/3) waktu setempat.

Dalam laporan itu Mueller menulis bahwa tidak disimpulkan apakah Trump telah melakukan tindakan pidana, tapi sang presiden tidak pula dinyatakan bersih dari pelanggaran pidana.

Adapun pembuat ringkasan laporan kepada Kongres AS ialah jaksa agung, William Barr.

Kemunculan hasil laporan itu disambut Trump dengan cuitan: "Tiada kolusi, tidak menghalangi".

Trump, yang berulangkali menyebut penyelidikan terhadapnya dan tim kampanyenya sebagai upaya mencari-cari kesalahan, mengatakan "memalukan negara harus melalui hal ini".

Dia menambahkan penyelidikan selama dua tahun itu ialah "upaya pelengseran ilegal yang gagal".

https://twitter.com/realDonaldTrump/status/1109918388133023744

Apa yang dimuat dalam ringkasan laporan?

Ringkasan yang dibuat Barr memaparkan secara singkat sejumlah temuan laporan Mueller mengenai sangkaan upaya Rusia mempengaruhi pemilihan presiden AS pada 2016.

"Penyelidik khusus tidak menemukan ada warfa AS atau pejabat kampanye Trump yang berkonspirasi atau secara sadar berkoordinasi dengan Rusia," sebut Barr.

Bagian kedua dalam ringkasan menyinggung soal sangkaan menghalangi proses hukum. Barr menyebut laporan penyelidik khusus "menentukan tidak membuat penilaian jaksa secara tradisional".

"Karena itu, Penyelidik Khusus tidak menarik kesimpulan apapun mengenai apakah tindakan yang diperiksa dapat disebut menghalangi," sebut ringkasan itu.

Barr mengatakan bukti yang dikumpulkan tidak cukup "menentukan sang presiden melakukan pelanggaran menghalangi proses hukum".

Barr mengakhiri ringkasannya dengan menyebutkan dia akan merilis lagi dari laporan Mueller, namun beberapa topik tidak dapat dilansir.

"Karena adanya pembatasan ini, jadwal pemrosesan laporan tergantung dari seberapa cepat Departemen dapat mengidentifikasi materi yang secara hukum tidak bisa dipublikasikan," tulis Barr.

"Saya telah meminta pendampingan dari Penyelidik Khusus dalam mengidentifikasi semua berita yang dimuat dalam laporan secepat mungkin."

Comments