Kesehatan dan Keselamatan Kerja Jadi Kunci Produktivitas di Masa Depan.

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Kesehatan dan Keselamatan Kerja Jadi Kunci Produktivitas di Masa Depan.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja Jadi Kunci Produktivitas di Masa Depan.

KEPONEWS.COM - Kesehatan dan Keselamatan Kerja Jadi Kunci Produktivitas di Masa Depan. Pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa isu kesehatan dan keselamatan kerja menjadi hal krusial yang mesti dipikirkan pelaku usaha dan usaha. Hal ini jadi penting agar usaha mempunyai ketahanan jangka panj...

Pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa isu kesehatan dan keselamatan kerja menjadi hal krusial yang mesti dipikirkan pelaku usaha dan usaha. Hal ini jadi penting agar usaha mempunyai ketahanan jangka panjang.

Direktur Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organization/ILO) untuk Indonesia dan Timor Leste, Michiko Miyamoto mengatakan, adaptasi dalam usaha di masa pandemi Covid-19 menjadi sangat penting.

Para pelaku usaha dinilai perlu mengambil langkah aktif, dengan melakukan identifikasi tantangan dalam menghadapi krisis yang terjadi saat ini dan identifikasi kekuatan yang bisa lakukan di masa pemulihan Covid-19.

Michiko mengatkana bahwa ILO telah menyokong pemerintah Indonesia dan mitra sosial dalam penetapan pedoman nasional pencegahan Covid-19 di tempat kerja. Hal itu berdasarkan pedoman nasional dan praktik baik internasional. Bantuan teknis untuk meningkatkan upaya K3 melalui penilaian risiko penularan COVID19 di 1.500 tempat kerja di laksanakan oleh proyek ILO yang di dukung oleh Pemerintah Jepang.

15 Juta UMKM Dalam Negeri Terancam Gulung Tikar Karena Pandemi COVID-19

Ilustrasi kerja di internet. (pixabay/Lukas Bieri)Ilustrasi kerja di internet. (pixabay/Lukas Bieri)

Pemerintah juga memainkan tindakan pencegahan Covid-19 kemampuan untuk menilai risiko bagi perusahaan penting untuk menavigasi taktik usaha, terutama dalam masa pandemi ini, ujar dia dalam keterangannya, Kamis, (14/10/2021)

Minister for Economic and Development Affairs, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Masato Usui menerangkan, keberlanjutan usaha di tempat kerja menjadi suatu tantangan tersendiri di banyak negara, termasuk Jepang dan Indonesia.

Maka dari itu ia menilai, cara-cara baru dalam bekerja dan meningkatkan pentingnya kesehatan serta keselamatan di tengah pandemi Covid-19 dapat mendorong perekonomian negara.

"Seperti melakukan verifikasi usaha secara hybrid. Kemudian, melakukan pemasaran secara daring," ujarnya.

Sementara itu, ekan Fakultas Ekonomi dan Usaha, Universitas Indonesia, Teguh Dartanto pada kesempatan itu menekankan kepada pelaku usaha untuk membangun sistem kerja yang lebih aman. Menurutnya, kesehatan dan keselamatan pekerja menjadi kunci dari produktivitas di masa depan.

Anak Mulai Sekolah Tatap Muka, Ini yang Harus Disiapkan Orangtua

"Karena apa? Kalau misalnya selama pandemi ini tenaga kerja merasa tidak aman tidak sehat untuk WFO, atau untuk pergi ke tempat kerja, ini bisa mempengaruhi mood, bisa mempengaruhi juga produktivitas dan inovasi-inovasi," jelas dia.

Comments