Kesadaran Bayar Pajak Masih Minim, Realisasi Belum Maksimal

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Kesadaran Bayar Pajak Masih Minim, Realisasi Belum Maksimal

Kesadaran Bayar Pajak Masih Minim, Realisasi Belum Maksimal

KEPONEWS.COM - Kesadaran Bayar Pajak Masih Minim, Realisasi Belum Maksimal JAKARTA - Setiap negara pasti mempunyai pendapatan dan anggaran untuk belanja setiap tahunnya. Termasuk Indonesia, negara ini mempunyai pendapatan negara di 2019 sebesar Rp2.165 triliun dan belanja ne...

JAKARTA - Setiap negara pasti mempunyai pendapatan dan anggaran untuk belanja setiap tahunnya. Termasuk Indonesia, negara ini mempunyai pendapatan negara di 2019 sebesar Rp2.165 triliun dan belanja negara tahun 2019 sebesar Rp2.461 triliun.

Bahkan, sebagian besar dari penerimaan negara berasal dari penerimaan pajak nasional. Bagaimana tidak, dari Rp2.165 triliun penerimaan negara, Rp1.768 triliun berasal dari pajak.

Penerimaan Pajak Bisa Tembus Rp2.000 Triliun?

Sayangnya, penerimaan pajak tahun ini masih belum maksimal. Salah seorang praktisi usaha Prof Roy Sembel memaparkan bahwa dari sekian banyaknya rakyat Indonesia, yang membayar pajak hanya segelintir orang.

pajak

"Sepanjang 2019 ini, hanya 42 juta orang yang membayar pajak dari 268 juta total masyarakat Indonesia," tuturnya di Restoran Tjikinii Lima, Kamis (10/10/2019).

Tom Lembong Ramal Sri Mulyani Kekurangan Pajak Rp200 Triliun

"Itu artinya, hanya 15,6% dari total penduduk saja yang terkena wajib pajak," tambahnya.

Perlu diingat kembali, pajak merupakan iuran yang bersifat wajib dibayarkan seluruh rakyat Indonesia kepada negara. Nantinya, pajak akan digunakan untuk pengeluaran dalam urusan kepentingan pemerintah maupun masyarakat Indonesia.

Banyak Masalah, Ini Kriteria Ideal Sosok Dirjen Pajak

Kemauan untuk bayar pajak harus diiringi dengan persepsi penggunaan pajak yang benar," Roy mengingatkan.

Selanjutnya

Comments