Keringat Dingin dan Napas Megap-Megap Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung, Ini Pertolongan Pertamanya!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Keringat Dingin dan Napas Megap-Megap Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung, Ini Pertolongan Pertamanya!

Keringat Dingin dan Napas Megap-Megap Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung, Ini Pertolongan Pertamanya!

KEPONEWS.COM - Keringat Dingin dan Napas Megap-Megap Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung, Ini Pertolongan Pertamanya! Masih banyak yang belum mengenali gejala serangan jantung, yang ditandai munculnya keringat dingin dan megap-megap. Pertanyaanya gimana sih cara beri pertolongan pertama serangan jantung?...

Masih banyak yang belum mengenali gejala serangan jantung, yang ditandai munculnya keringat dingin dan megap-megap. Pertanyaanya gimana sih cara beri pertolongan pertama serangan jantung?

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Muhammad Hatta, Sp.JP(K),FIHA membenarkan keringat dingin dan megap-megap atau napas tersengal-sengal jadi salah satu tanda serangan jantung.

Tapi kata dr. Hatta, keringat dingin ini harus disertai sesak napas atau sakit dada sebelah kiri. Bila mengalaminya kemungkinan besar ia akan segera alami serangan jantung.

"Ini dikarenakan keringat dingin merupakan hasil reaksi tubuh dari jantung yang mengalami kesulitan untuk mengalirkan darah dari penyempitan pembuluh darah, sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk memompa darah," ujar dr. Hatta melalui keterangan yang diterima Suara, Kamis (2/6/2023).

Connie Nurlita Meninggal di Mobil dalam Perjalanan ke Rumah Sakit, Ini Kronologinya

Gambar Ilustrasi serangan jantung (unsplas.com)Gambar Ilustrasi serangan jantung (unsplas.com)

Serangan jantung ialah kondisi saat adanya penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan peredaran darah terhambat. Darah yang tidak mengalir inilah yang menyebabkan jantung kekurangan asupan darah sehingga terjadi kerusakan otot jantung.

Dokter yang berpraktik di Eka Hospital Pekanbaru ini menambahkan, sesak napas atau megap-megap yang dibarengi keringat dingin ini terjadi karena jantung tidak bisa memompa cukup darah untuk seluruh tubuh.

"Reaksi-reaksi ini bisa terjadi dalam jangka waktu panjang maupun pendek, tergantung dari tingkat keparahan kondisi jantung Kamu," tambah dr. Hatta.

Selain dua gejala di atas, ada juga tanda lain serangan jantung yanh harus diwaspadai seperti kelelahan mendadak, pusing dan mual, sensasi panas terbakar di area dada, rasa sakit yang menjalar ke leher hingga tangan.

Kondisi ini sangatlah fatal, sehingga harus tahu pertolongan pertama serangan jantung untuk menyelamatkan nyawa. Pertama, jangan panik agar penolong bisa berpikir jernih.

Kedua, coba mengecek respon kesadaran dengan cara memanggil korban berkali-kali dan menepuk pipi.

Pedangdut Connie Nurlita Meninggal Dunia Mendadak, Sempat Rilis Single Terbaru

"Jikalau korban masih dapat merespon maka segera tempatkan mereka di posisi nyaman dan segera hubungi bantuan medis selagi memantau kondisi dan gejala korban," jelas dr. Hatta.

Ketiga, bila korban tidak merespon maka segeralah minta bantuan orang lain untuk meminta bantuan. Lalu cek nadi dan napas korban.

Kalau tidak ada tanda-tanda denyut nadi atau pernapasan, maka segera lakukan teknik bantuan hidup dasar (BHD) dengan kompresi dada korban sebanyak 30 kali.

Tapi jangan lupa sambil meminta bantuan sebelum lakukan BHD bila sedang seorang diri menolong korban. Usahakan terus kompresi dada hingga korban sadar atau hingga bantuan datang.

"Istirahatkan diri kalau Kamu kelelahan saat melakukan BHD dan minta orang lain menggantikan Kamu untuk membantu korban kalau memungkinkan," tutup dr. Hatta.

Comments