Keren! SpaceX Luncurkan Pesawat Nirawak yang Dilengkapi Superkomputer

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Keren! SpaceX Luncurkan Pesawat Nirawak yang Dilengkapi Superkomputer

Keren! SpaceX Luncurkan Pesawat Nirawak yang Dilengkapi Superkomputer

KEPONEWS.COM - Keren! SpaceX Luncurkan Pesawat Nirawak yang Dilengkapi Superkomputer JAKARTA SpaceX meluncurkan sebuah pesawat kargo nirawak ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Tak hanya itu, pesawat tersebut juga disertai dengan superkomputer yang bisa mengarahkan ast...
Loading...

JAKARTA SpaceX meluncurkan sebuah pesawat kargo nirawak ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Tak hanya itu, pesawat tersebut juga disertai dengan superkomputer yang bisa mengarahkan astronot ke misi ruang angkasa masa depan.

Dilepaskan dari roket Falcon 9 yang membawa kapal kargo Dragon, pesawat tersebut akan meluncur pada pukul 00.31 dari Cape, Canaveral, Florida. Berdasarkan ramalan cuaca, 70% kondisi setempat mendukung SpaceX melakukan peluncuran.

BERITA REKOMENDASI

Misi dari pesawat luar angkasa ini yakni melakukan perjalanan resmi ke-12 untuk SpaceX, yang memiliki kontrak senilai USD1,6 miliar dengan NASA untuk memasok astronot yang tinggal di orbit lebih dari 20 kali perjalanan pulang-pergi.

Sekira 10 menit setelah peluncuran, roket itu berusaha melakukan pendaratan terkontrol di ground solid di Cape Canaveral, sebagai bagian dari upaya SpaceX untuk terus-menerus menggunakan kembali komponen roket setelah masing-masing lepas landas.

Dragon dikemas dengan suplai 6.400 pound (2.900 kilogram), termasuk superkomputer yang dirancang oleh HP dan disebut sebagai Spaceborne Computer.

Superkomputer sendiri diluncurkan untuk menguji komputer selama setahun untuk mengetahui bisa atau tidaknya beroperasi dalam kondisi luar angkasa yang keras, sekira jumlah waktu yang dibutuhkan astronot untuk mencapai Mars.

Sebagai astronot dengan perjalanan yang jauhnya jutaan mil, komunikasi akan menjadi semakin melambat. Menurut European Space Agency pesan dari Mars ke Bumi akan tertunda antara empat menit sampai 24 menit, bergantung pada jarak antara planet-planet tersebut.

Kelambatan komunikasi yang begitu lama ini akan membuat eksplorasi darat menantang dan berpotensi berbahaya jikalau astronot bertemu dengan kejadian kritis dalam misi apa pun, yang tidak dapat mereka selesaikan sendiri, kata wakil presiden senior HP Alain Andreoli dalam sebuah pernyataan.

Superkomputer baru ini bertujuan untuk menyediakan sumber daya komputasi onboard yang canggih dan bisa melakukan peningkatan periode waktu yang panjang, imbuhnya, sembari menggambarkan usahanya sepanjang tahun untuk mencapai misi ini.

Selain itu, percobaan lain dalam misi ini dirancang untuk membantu para ilmuwan mempelajari penyakit Parkinson secara lebih rinci dengan harapan menemukan perawatan yang lebih baik untuk penyakit degeneratif tersebut.

Ketika terhambat oleh gravitasi, kristal protein dapat tumbuh lebih besar di ruang angkasa, dan ilmuwan berharap dapat menggunakan lingkungan ini untuk membantu mereka memahami protein penting dalam penyakit Parkinson, yang dikenal sebagai tiroksin kaya Kasein 2 (LRRK2).

Hingga ketika ini, protein itu sulit dipelajari di Bumi, menurut para peneliti di Michael J Fox Foundation, yang mengembangkan proyek penelitian tersebut.

Eksperimen lain di misi tersebut termasuk pengamatan sel induk untuk menumbuhkan jaringan paru-paru baru dan peralatan untuk menanam sayuran di luar angkasa. Demikian seperti dilansir Japan Today, Selasa (15/8/2017).

Keren! SpaceX Luncurkan Pesawat Nirawak yang Dilengkapi Superkomputer

Comments