Keren! Museum Isinya Grafiti

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Keren! Museum Isinya Grafiti

Keren! Museum Isinya Grafiti

KEPONEWS.COM - Keren! Museum Isinya Grafiti Berlin - Museum biasanya memajang benda bersejarah hingga lukisan dalam bingkai. Namun yang satu ini, koleksinya merupakan grafiti.Seni jalanan biasanya banyak menghiasi dinding bangunan di tepi jalan...

Berlin - Museum biasanya memajang benda bersejarah hingga lukisan dalam bingkai. Namun yang satu ini, koleksinya merupakan grafiti.

Seni jalanan biasanya banyak menghiasi dinding bangunan di tepi jalan. Karya seni ini di daerah tertentu dianggap sebagai vandalisme, di mana grafiti pun dibersihkan supaya dinding-dinding yang ada kembali bersih.

Namun seni jalanan yang indah dan unik tak jarang diminati pula oleh para traveler buat foto-foto. Nah, di Berlin, Jerman, seni jalanan bahkan begitu dihargai sampai-sampai dibuatkan museum khusus.

Dilansir detikTravel dari Reuters, Senin (18/9/2017), Berlin kini punya Urban Nation Museum for Urban Contemporary Art. Inilah museum yang menampilkan seni jalanan seperti grafiti dan mural.

Museum tersebut baru diresmikan pada akhir pekan kemarin. Kabarnya, Urban Nation Museum for Urban Contemporary Art menjadi museum terbesar yang didedikasikan untuk seni jalanan.

(Urban Nation Museum for Urban Contemporary Art)(Urban Nation Museum for Urban Contemporary Art) Terletak di sebuah gedung 2 lantai, museum memajang karya seni dari 150 seniman. Baik seniman lokal Jerman maupun internasional.

Grafiti yang ada dapat traveler lihat di dinding-dinding museum, baik di dalam maupun di sisi luar. Banyak sekali sisi museum memang langsung menjadi kanvas buat seniman menggambar grafitinya. Lantai museum bahkan dilapisi aspal agar suasananya berasa di jalanan, padahal masih di dalam gedung.

Museum Director Yasha Young mengatakan bahwa selain menikmati aneka karya yang dipamerkan, pengunjung juga bisa mengetahui sejarah perkembangan seni jalanan dari awal hingga masa kini.

Dikutip dari Lonely Planet, selain seni jalanan, beberapa koleksi lukisan dan karya seni lainnya akan ikut dipajang. Ke depannya museum juga akan menjadi tempat pembelajaran seni urban. Workshop dan pertunjukan seni bakalan diadakan di sini.

Nah kalau berencana liburan ke Berlin dan penasaran dengan Urban Nation Museum for Urban Contemporary Art, bisa langsung datang setiap Senin sampai Jumat. Jam bukanya pukul 10.00 hingga 18.00 waktu setempat. (bnl/aff)

Comments