Keren! Aceh Tamiang Punya Gua Karst Terpanjang di Pulau Sumatra

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Keren! Aceh Tamiang Punya Gua Karst Terpanjang di Pulau Sumatra

Keren! Aceh Tamiang Punya Gua Karst Terpanjang di Pulau Sumatra

KEPONEWS.COM - Keren! Aceh Tamiang Punya Gua Karst Terpanjang di Pulau Sumatra LEMBAGA swadaya masyarakat Daerah Ekosistem Mangrove Pantai Timur Aceh (Kempra) menyebut, Kabupaten Aceh Tamiang mempunyai gua karst atau batu kapur gamping terpanjang di Pulau Sumatra. "Dari peneliti...

LEMBAGA swadaya masyarakat Daerah Ekosistem Mangrove Pantai Timur Aceh (Kempra) menyebut, Kabupaten Aceh Tamiang mempunyai gua karst atau batu kapur gamping terpanjang di Pulau Sumatra.

"Dari penelitian kami, gua karst Aceh Tamiang sepanjang 1.140 meter. Dan ini terpanjang di Pulau Sumatra," kata Manajer Riset Kempra, Andi Nur Muhammad di Aceh Tamiang, Minggu, 1 Agustus 2021.

Andi memaparkan, gua tersebut berada di Kampung Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu. Gua tersebut masuk daerah konservasi ekosistem karst.

Masyarakat setempat, kata Andi Nur Muhammad, menamakan gua tersebut dinamakan Goa Kubin atau Goa Sarang Burung karena di dalamnya banyak ditemukan sarang walet.

Namun, kata Andi, dalam rencana induk pengembangan pariwisata daerah (Rippda) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Aceh Tamiang, disebut gua karst.

Aceh Tengah Banyak Tambahan Destinasi Wisata, Apa Saja?

Infografis Wisata Goa di Sukabumi

Menurut dia, gua karst tersebut diperkirakan terbentuk ribuan bahkan jutaan tahun silam. Alasannya adalah, pembentukan gua karst itu hasil proses batuan terlarut.

Selain di Kaloy, karst atau bebatuan kapur juga ada ditemukan di tempat lain di Aceh Tamiang, tetapi bukan gua, melainkan bentang alam. Dan ini bisa menjadi objek penelitian terkait sebaran karst di Kabupaten Aceh Tamiang.

Pihaknya lanjut Andi, terus mendorong pemerintah daerah agar mengajukan karst tersebut ke Badan Geologi untuk ditetapkan sebagai daerah lindung geologi.

"Dengan demikian, gua dan bentangan alam karst di Kabupaten Aceh Tamiang bisa menjadi laboratorium penelitian dan kepurbaan serta berfungsi sebagai penyeimbang ekosistem dan cadangan air tanah," terang dia.

Comments