Keren Abis! 5 Negara Ini Sangat Menghargai Bahasa Indonesia

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Keren Abis! 5 Negara Ini Sangat Menghargai Bahasa Indonesia

Keren Abis! 5 Negara Ini Sangat Menghargai Bahasa Indonesia

KEPONEWS.COM - Keren Abis! 5 Negara Ini Sangat Menghargai Bahasa Indonesia Semenjak jaman dahulu sampai hari ini, Bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan yang cukup kuat. Ketika elu berkunjung ke daerah-daerah terpencil dan tak bisa berbahasa lokal, maka Bahasa Indonesia b...

Semenjak jaman dahulu sampai hari ini, Bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan yang cukup kuat. Ketika elu berkunjung ke daerah-daerah terpencil dan tak bisa berbahasa lokal, maka Bahasa Indonesia bisa menjadi kunci jitu untuk menunjang proses komunikasi. Selain beken di negeri sendiri, ternyata bahasa ibu kita ini diapresiasi juga loh di beberapa negara.

Bahkan, pelafalan orang asing akan Bahasa Indonesia bisa dibilang lebih baik kalau dibandingkan dengan orang Indonesia sendiri. Lantas, negara mana saja yang sangat menghargai dan mengapresiasi Bahasa Indonesia? Berikut daftarnya.

1. Suriname

theoutlook.com.ua

Bekas negara jajahan Belanda ini memiliki hubungan yang cukup erat dengan Indonesia. Pada masa kolonialisme dulu, banyak penduduk Indonesia yang dipekerjakan disana. Dari keseluhan penduduk Suriname, 14 persennya berdarah Jawa dan bisa berbahasa Indonesia. Jikalau elu berkunjung ke Suriname, dan elu ga bisa bahasa Belanda, pergunakanlah bahasa Jawa atau Bahasa Indonesia. Dijamin obrolan bakal manteng boi.

2. Korea Selatan

diarystore.com

Salah satu kampus beken di negeri Gingseng, Hankuk University of Foreign Studies (HUFS) membuka jurusan Bahasa Indonesia. Jurusan ini bisa diambil oleh siapapun yang berminat untuk mempelajarinya. Tak hanya itu, HUFS juga membuka dua fokus ilmu untuk jurusan Bahasa Indonesia yakni Department of Malay-Indonesia di College of Oriental Language dan Department of Malay-Indonesian Interpretation College of Interpretation and Translation. Keren yah.

3. Jepang

etxepare.eus

Negara tetangga Korea Selatan ini jgua sangat mengapresiasi bahasa Indonesia. Salah satu kampus di negeri matahari terbit, Tokyo University of Foreign Studies (TUFS) membuka jurusan Bahasa Indonesia. Menurut kabar yang beredar, seleksi yang dilakukan TUFS untuk calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan ini sangat ketat.

Bahkan dalam tahun ajaran baru, tak sampai 20 mahasiswa yang diterima di jurusan tersebut. Mahasiswa yang mengambil Jurusan Bahasa Indonesia akan mempelajari banyak sekali hal seperti menulis dan membaca bahasa ibu kita dengan baik dan benar.

4. Australia

yocket.in

Bahasia Indonesia telah menjadi pelajaran wajib di sekolah dasar Australia. Lebih dari 500 sekolah dasar negeri Kangguru menyisipkan Bahasa Indonesia dalam kurikulumnya. Selain itu, University of Southern Queensland juga membuka program studi Bahasa Indonesia. Disana, para mahasiswa akan mempelajari banyak sekali hal yang berkaitan dengan bahasa pemersatu negeri ini. wow.

5. Ukraina

educationbro.com

Semenjak tahun 2012, salah satu kampus Ukraina, Taras Shevchenko National University of Kyiv membuka program studi Bahasa Indonesia. Negara yang sempat bersitegang dengan Russia ini juga mendapat dukungan dari Kedubes RI untuk Ukraina terkait pembukaan jurusan tersebut.

Sebagai bukti dukungan tersebut, Pemerintah Indonesia membuka pusat kajian Bahasa Indonesia utnuk membantu para mahasiswa yang mengambil jurusan tersebut. Tak berhenti sampai disitu, mahasiswa terbaik di program studi Bahasa Indonesia itu akan mendapatkan reward berupa fasilitas Darmasiswa dan beasiswa dari pemerintah Indonesia.

Negara lain aja mau menggunakan dan mempelajari Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Terus elu masih bangga ngomong dicampur Bahasa Inggris gitu? Bangunlah kaum muda.

Comments