Kepala Patung Firaun Muda Dilelang di Inggris, Picu Kemarahan Pejabat Mesir

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Kepala Patung Firaun Muda Dilelang di Inggris, Picu Kemarahan Pejabat Mesir

Kepala Patung Firaun Muda Dilelang di Inggris, Picu Kemarahan Pejabat Mesir

KEPONEWS.COM - Kepala Patung Firaun Muda Dilelang di Inggris, Picu Kemarahan Pejabat Mesir Kepala patung firaun yang siap dilelang. (Christies Press Release) Seorang Duta Besar Mesir untuk Inggris diketahui segera mengeluarkan peringatan keras pada sebuah rumah lelang di London. Kepala pat...

Kepala patung firaun yang siap dilelang. (Christies Press Release)

Seorang Duta Besar Mesir untuk Inggris diketahui segera mengeluarkan peringatan keras pada sebuah rumah lelang di London. Kepala patung firaun muda diketahui akan dilelang oleh sebuah rumah lelang di London yang bernama Christie s.

Pelelangan seharusnya dilakukan pada hari ini (04/07/2019) di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Christie s.

Kepala patung yang akan dilelang diketahui mempunyai sejarah yang tinggi.

Benda bersejarah itu ialah kepala patung Tutankhamun, firaun muda dari Dinasti Kedelapanbelas Mesir kuno.

Patung coklat kuarsit Tutankhamun dengan wajah kuno Amun diperkirakan akan menghasilkan lebih dari 4 juta poundsterling atau Rp 71 miliar.

Duta Besar Mesir untuk Inggris, Tarek Adel, menyerukan Christie s agar menunda lelang tersebut.

Peringatan itu muncul dengan alasan penyelidikan lebih lanjut diharapkan untuk mengetahui legalitas yang ada.

Topeng firaun mudaTutankhamun. (Wikipedia/ Roland Unger)Topeng firaun mudaTutankhamun. (Wikipedia/ Roland Unger)

Badan resmi diketahui akan meneliti kembali legalitas perdagangan barang, keaslian dokumen, dan bukti ekspor hukumnya dari Mesir.

Pejabat Mesir tersebut khawatir bahwa patung setinggi 28,3 sentimeter telah sengaja "dihapus" dari kuil Karnak di Luxor.

Bulan Juni 2019, kedutaan Mesir sudah meminta rumah lelang Christie's untuk menunjukkan asal kepala patung firaun muda tersebut.

Kedutaan Mesir mengatakan bahwa Christie's mengonfirmasi bahwa mereka mempunyai dokumen namun tidak menunjukkan dokumen ke kedutaan.

Lukisan di peti firaun yang memperlihatkan Tutankhamun saat menerima bunga. (Wikipedia/ Tiger Cub)Lukisan di peti firaun yang memperlihatkan Tutankhamun saat mendapatkan bunga. (Wikipedia/ Tiger Cub)

Kepala patung menunjukkan firaun muda Tutankhamun dengan fasilitas wajah Amun.

Fasilitas itu digunakan untuk menyelaraskan penguasa dengan para dewa menurut kepercayaan yang ada di Mesir kuno.

Dilansir dari Guardian, rumah lelang telah mengonfirmasi bahwa acara yang diselenggarakan hari ini tetap akan berjalan.

"Kami telah memberikan berita lengkap wacana Kepala Amun termasuk katalog lengkapnya. Kami tidak akan memberikan objek apa pun untuk dijual di mana ada kekhawatiran wacana kepemilikan atau ekspor," kata perwakilan dari Christie's.

Patung kayu yang menampakkan raja Tutankhamun.(Wikipedia/ Kairo Museum)Patung kayu yang menampakkan raja Tutankhamun.(Wikipedia/ Kairo Museum)

Tarek Adel tidak setuju dan mengatakan bahwa hal tersebut sangat memalukan.

"Penjualan artefak Mesir yang berharga seperti itu sangat memalukan dan mencerminkan kurangnya rasa hormat yang mendalam terhadap upaya kami untuk menghentikan hal ini," kata Adel dalam keterangannya.

Ia juga menambahkan bahwa pelelangan kepala patung firaun muda mengabaikan moral dan etika terkait pelestarian dan perlindungan hak-hak budaya dan properti di seluruh dunia.

Comments