Kepala BKKBN: Program Kependudukan dan KB Tidak Membatasi Jumlah Anak

Nasional

News / Nasional

Kepala BKKBN: Program Kependudukan dan KB Tidak Membatasi Jumlah Anak

Kepala BKKBN: Program Kependudukan dan KB Tidak Membatasi Jumlah Anak

KEPONEWS.COM - Kepala BKKBN: Program Kependudukan dan KB Tidak Membatasi Jumlah Anak Laporan Wartawan Mohamad Yusuf JAKARTA - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Hasto Wardoyo, melakukan kunjungan kerja ke Kota Jayapura, Papua. Dalam kunjungan kerja...

Laporan Wartawan Mohamad Yusuf

JAKARTA - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Hasto Wardoyo, melakukan kunjungan kerja ke Kota Jayapura, Papua.

Dalam kunjungan kerja ini dia mengatakan, bahwa program kependudukan dan keluarga berencana tidak membatasi jumlah anak.

"Konsep pembangunan keluarga dan KB (Keluarga Berencana) merupakan yang ingin kita capai. Karena itu kami tegaskan, KB di sini jangan hanya dipersepsikan kontrasepsi dan membatasi anak," kata Hasto, dalam kunjungannya di Jayapura, Papua, Senin (18/11/2019).

Hasto menyebut, untuk menjaga kualitas anak harus dilakukan penjarakan kelahiran, taitu minimal tiga tahun dan maksimal lima tahun.

"Jadi bukan jumlahnya dibatasi hanya dua. Kalau dua anak tapi jarak kelahirannya kurang dari tiga tahun, kualitas anak jadi tidak baik. Sebaliknya, jikalau anaknya enam tapi jaraknya tiga tahun, itu lebih terencana dan lebih baik kualitasnya," kata mantan Bupati Kulonprogo tersebut.

Di Papua, selama ini program KB kerap mendapatkan pertentangan dari warga. Mereka menganggap, KB itu untuk membatasi jumlah anak hanya dua saja. Hal itu juga merupakan bertentangan dengan ajaran agama.

Selain itu, jumlah populasi di Papua masih tergolong sedikit. Sementara, wilayah geografinya masih terlalu luas.

"Jadi tidak bisa membangun satu nusantara ini dari ukuran Jakarta digunakan untuk seluruh daerah. Tidak bisa one size for all. Karena itu kami akan melakukan grand desain. Bahkan bila istilah KB di Papua tidak diterima, kita bisa merubahnya menjadi Keluarga Sehat atau Keluarga Sejahtera. Kita tetap menjaga kearifan lokal," katanya.

Pendataan

Kepala BKKBN: Program Kependudukan dan KB Tidak Membatasi Jumlah Anak

Comments