Kenneth Street Jr. - Penemu Unsur Berkelium dan Kalifornium

Tokoh

Ragam / Tokoh

Kenneth Street Jr. - Penemu Unsur Berkelium dan Kalifornium

Kenneth Street Jr. - Penemu Unsur Berkelium dan Kalifornium

KEPONEWS.COM - Kenneth Street Jr. - Penemu Unsur Berkelium dan Kalifornium Kenneth Street Jr. ialah spesialis kimia Amerika. Dia merupakan bagian dari tim yang menemukan unsur 97 dan 98 (berkelium dan kalifornium) pada tahun 1949 dan 1950.Street lahir tahun 1920 di Berkeley,...
Unsur KaliforniumKenneth Street Jr. ialah spesialis kimia Amerika. Dia merupakan bagian dari tim yang menemukan unsur 97 dan 98 (berkelium dan kalifornium) pada tahun 1949 dan 1950.

Street lahir tahun 1920 di Berkeley, California. Ia memperoleh gelar di bidang kimia pada tahun 1943 dari University of California, Berkeley. Dia kemudian bertugas di Perang Dunia II sebagai pilot pesawat tempur, dengan penghargaan termasuk Air Medal dan Distinguished Flying Cross. Setelah perang, ia kembali ke Berkeley, mendapatkan gelar PhD di bidang kimia nuklir pada tahun 1949, dengan tesis berjudul 'Isotop americium and curium'.

Pekerjaan pada berkelium dan californium dilakukan di Lawrence Radiation Laboratory (sekarang bagian dari Lawrence Berkeley National Laboratory) dengan Stanley G. Thompson, Glenn T. Seaborg dan Albert Ghiorso. Street bergabung dengan fakultas di Berkeley pada tahun 1949, dan menjadi Wakil Direktur Laboratorium Radiasi Lawrence, dan kemudian menjadi profesor kimia. Spesialis dan minatnya ada di bidang kimia nuklir, geokimia dan energi panas bumi.

Kalifornium (pengucapan: /klfornim/) ialah unsur kimia dalam sistem periodik unsur yang memiliki lambang Cf dan nomor atom 98.Unsur ini pertama kali disintesis pada tahun 1950 di Lawrence Berkeley National Laboratory (kemudian Laboratorium Radiasi Universitas California), dengan membombardir curium dengan partikel alfa ( ion helium-4 ). Ini merupakan elemen aktinida, elemen transuranium keenam yang disintesis, dan memiliki massa atom tertinggi kedua dari semua elemen yang telah diproduksi dalam jumlah yang cukup besar untuk dilihat dengan mata tanpa bantuan (setelah einsteinium). Unsur itu dinamai menurut universitas dan negara bagian California.

Street pensiun pada tahun 1986, dan pindah ke Taylorsville, California pada tahun 1997 dengan istrinya Jane (ne Armitage). Mereka menikah pada tahun 1944 dan memiliki tiga anak, dua putra dan seorang anak perempuan. Street memiliki hobi berjalan di pegunungan, backpacking dan berlayar. Street meninggal pada tanggal 13 Maret 2006, di Paradise, California. (sumber: en.wikipedia.org) Tweet

Comments