Kenapa Suzuki Ignis Laku di Pasaran?

Otomotif

News / Otomotif

Kenapa Suzuki Ignis Laku di Pasaran?

JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan sport utility vehicle (SUV) Ignis pada April 2017. Semenjak meluncur hingga ketika ini Ignis mendapat sambutan yang positif dari pelanggan di Indonesia. Terbukti dari data penjualan wholesales (pabrik ke diler) yang diterbitkan oleh Gabungan Agen Tunggal Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan Ignis dari Maret ke Mei sebanyak 4.262 unit.

Suksesnya Ignis di pasaran tidak lepas dari desainnya yang unik serta fitur-fitur yang dihadirkan cukup lengkap.

"Sebetulnya ini berkaitan dengan preposisi atau penawaran produk. Kenapa bisa sukses seperti itu karena kami mengombinasikan SUV dengan city car. Yang kedua, secara fitur dan bentuk memang dapat nih di generasi milenial menurut saya. Fiturnya memang banyak," ujar 4W Marketing Director SIS, Donny Saputra.

Melihat animo yang sangat besar, kemungkinan untuk memproduksi Ignis secara lokal terbuka lebar. Ketika ini Ignis yang dipasarkan di Indonesia dibawa dalam bentuk utuh atau completely built unit (CBU) dari India. Donny mengatakan untuk memproduksi Ignis secara lokal pihaknya terlebih dulu melakukan studi yang mendalam.

"Sedang dipelajari, tapi sudah confirm. Kapan?, ya nanti dulu, yang pasti pada ketika kami lokalkan tak hanya sekadar dilokalkan. Akan ada value added yang kami lakukan. Karena analoginya begini, ketika kami lokalkan sudah tidak ada biaya pengiriman. Selain itu tidak ada bea masuk. Nah, hilangnya biaya pengiriman dan bea masuk itu kami konversi ke fitur dan perubahan apa," terangnya.

Ketika ditanya kemungkinan fitur apa saja yang ditambahkan? "Mungkin akan di bagian kenyamanan dan keamanan," jawab Donny singkat.

Suzuki Ignis menggunakan mesin bertipe K12M, empat silinder segaris, DOHC, VVT, berkapasitas 1.197 cc. Tenaganya mencapai 83 hp pada 6.000 rpm dan torsi 113 nm pada 4.200 rpm.

Fitur standar pendukung keselamatan yang ada di pesaing Daihatsu Sirion ini meliputi Isofix, dual SRS airbag, anti lock braking system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), serta brake assist (BA). (san)

Kenapa Suzuki Ignis Laku di Pasaran?

Comments