Kenapa Penting Jaga Kebersihan Mulut Selama Pandemi?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Kenapa Penting Jaga Kebersihan Mulut Selama Pandemi?

Kenapa Penting Jaga Kebersihan Mulut Selama Pandemi?

KEPONEWS.COM - Kenapa Penting Jaga Kebersihan Mulut Selama Pandemi? SELAMA masa pandemi Covid-19 menjaga kebersihan mulut sangat penting untuk dilakukan. Penggunaan antiseptik Povidone-Iodine (PVP-I) dan Iota Carageenan terbukti efektif bisa membunuh virus SARS-CoV-2...

SELAMA masa pandemi Covid-19 menjaga kebersihan mulut sangat penting untuk dilakukan. Penggunaan antiseptik Povidone-Iodine (PVP-I) dan Iota Carageenan terbukti efektif bisa membunuh virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Alhasil cara tersebut dapat dijadikan perlindungan tambahan selama masa new normal.

Ketua Divisi Laring Faring Departemen THT FKUI-RSCM, dr. Syahrial M. Hutauruk, Sp.THT-KL, mengatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan masyarakat untuk mengurangi paparan dan transmisi penyakit atau infeksi melalui personal hygiene (kebersihan diri). Caranya dengan menjaga kebersihan tangan dan saluran pernapasan, serta keamanan pangan.

Berkumur

Pada masa pandemi ini sangat penting menjaga kebersihan mulut dan saluran pernapasan (oral and respiratory hygiene) dengan cara berkumur dan memakai semprot tenggorok yang mengandung antiseptik Povidone-Iodine (PVP-I), terang dr. Syahrial, dalam acara Webinar URT (Upper Respiratory Tract) Care, Kamis (28/10/2021).

Jaga Kebersihan Mulut, Waspadai 5 Perubahan pada Lidah

Risiko infeksi bisa terjadi mengingat mulut dan tenggorok merupakan jalan masuk dan reservoir dari SARS CoV-2 penyebab Covid-19. Penggunaan antiseptik PVP-I sangat dianjurkan untuk mencegah dan memutus rantai infeksi Covid-19. Efektivitas PVP-I dalam melawan Covid-19 telah banyak dibuktikan melalui banyak sekali studi.

Studi in vitro oleh Duke-National University Singapore menunjukkan antiseptik PVP-I bisa membunuh 99.99 persen virus SARS-CoV-2 dalam 30 detik. Sementara itu, penelitian independen oleh National University Health System Singapore menunjukkan semprotan tenggorok PVP-I berhasil menurunkan infeksi SARS-CoV-2 sebesar 24 persen dalam hal pengurangan risiko pasti, tuntasnya.

(hel)

Comments