Kenapa Orang Lebih Suka Dijodohkan Teman Dibanding Orang Tua? Ini Kata Psikolog

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Kenapa Orang Lebih Suka Dijodohkan Teman Dibanding Orang Tua? Ini Kata Psikolog

Kenapa Orang Lebih Suka Dijodohkan Teman Dibanding Orang Tua? Ini Kata Psikolog

KEPONEWS.COM - Kenapa Orang Lebih Suka Dijodohkan Teman Dibanding Orang Tua? Ini Kata Psikolog Banyak dilema kalau membahas pernikahan dan jodoh, karena tidak mudah mencari pasangan yang tepat. Beberapa bahkan pilih pasangan yang dijodohkan sahabat. Menariknya banyak orang lebih percaya dan n...

Banyak dilema kalau membahas pernikahan dan jodoh, karena tidak mudah mencari pasangan yang tepat. Beberapa bahkan pilih pasangan yang dijodohkan sahabat.

Menariknya banyak orang lebih percaya dan nyaman dengan calon pasangan yang direkomendasikan sahabat, dibanding dengan calon pasangan yang dijodohkan orang tua, kenapa begitu ya?

Diungkap Psikolog Klinis dan Peneliti Kekerabatan Interpersonal, Pingkan Rumondor, M.Psi, bahwa beberapa riset menunjukan bahwa hubungan pertemanan khususnya dalam kategori persahabatan, cenderung lebih bisa menilai dan memprediksi masa depan seseorang.

Ilustrasi perjodohan (Freepik)Ilustrasi perjodohan (Freepik)

"Ada riset-riset yang bilang bahwa, apa kata temen wacana keberlangsungan hubungan, ternyata lumayan prediktif. Artinya kalau ada temen yang bilang 'kayanya lo cocok deh sama dia,'. Itu ada efeknya juga, dan membuat orang sedikit terkontrol dan lebih berkomitmen dan terkadang bener, cocok," ungkap Pingkan dalam peluncuran Kampanye #SpeakUpforLove Closeup di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022).

4 Ciri Bahasa Cinta Kamu dengan Pasangan Tidak Cocok, Sering Salah Paham!

Pingkan menambahkan, fenomena ini bisa terjadi karena umumnya seorang sahabat dekat sudah mengenal orang tersebut. Sehingga apa yang umumnya tidak dilihat oleh orang tersebut bisa dilihat oleh sahabat dekat atau sahabatnya.

"Jadi mungkin kita nggak sreg nih, tapi menurut temen kita 'kayanya kamu cocok karena ini dan itu' lebih ke situ sih. Jadi bisa membantu," terang Pingkan.

Meski ada riset yang memaparkan fenomena ini, tapi ia tidak tahu seberapa besar jumlahnya, sehingga tidak bisa dikonfirmasi tingkat akurasi ya.

Selain itu, fenomena ini tidak lantas dijodohkan sahabat akan selalu lebih baik dari calon pasangan yang dijodohkan orang tua.

"Cuma ketika temen kita, kenal kita dan dia bisa melihat apa yang tidak bisa kita lihat, jadi hubungannya terasa seolah-olah lebih sukses. Padahal mungkin kita nggak lihat aja tapi temen kita lebih lihat," tutup Pingkan.

Lakukan 3 Tips Penting Ini untuk Jaga Kualitas Hubungan Bersama Pasangan

Comments