Kenapa Kopi Bubuk Bisa Terbakar?

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Kenapa Kopi Bubuk Bisa Terbakar?

Kenapa Kopi Bubuk Bisa Terbakar?

KEPONEWS.COM - Kenapa Kopi Bubuk Bisa Terbakar? BADAN Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) menegaskan bahwa temuan bubuk kopi krimer mudah tersulut bila dikenai api, tidak berarti produk tersebut berbahaya untuk kesehatan. Faktany...

BADAN Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) menegaskan bahwa temuan bubuk kopi krimer mudah tersulut bila dikenai api, tidak berarti produk tersebut berbahaya untuk kesehatan.

Faktanya, bukan cuma bubuk kopi krimer saja yang mudah tersulut bila dikenai api melainkan juga bahan pangan lain di sekitar kita. Sebut saja terigu, kopi bubuk, merica bubuk, cabai bubuk, kopi instan, putih telur, sisu bibuk, pati jagung, biji-biji-an, dan kentang.

Ini bukan berarti bahan tersebut berbahaya atau tidak aman dikonsumsi, demikian pernyataan resmi BPOM RI melalui siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (19/12/2018).

BPOM menyebut, bahan pangan semacam kopi krimer, dan lainnya dapat terbakar karena berbentuk serbuk, ringan dan berpartikel halus serta mengandung minyak. Juga mempunyai kadar air yang rendah. Akibatnya mudah terbakar dan menyala.

Intinya, produk pangan yang mempunyai rantai karbon atau ikatan antaratom karbon, kadar air rendah utamanya yang berbentuk tipis dan berpori dapat terbakar atau menyala kalau disulut dengan api.

(Potret Seksi Polly Alexandria dalam Balutan One Piece Swim)

(ful)

Comments