Kenapa Gowes Sambil Rekreasi Ngetren di Masa Pandemi?

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Kenapa Gowes Sambil Rekreasi Ngetren di Masa Pandemi?

Kenapa Gowes Sambil Rekreasi Ngetren di Masa Pandemi?

KEPONEWS.COM - Kenapa Gowes Sambil Rekreasi Ngetren di Masa Pandemi? BERSEPEDA alias gowes merupakan aktivitias yang bisa dinikmati banyak sekali kalangan. Bahkan di Indonesia telah menjadi sebuah tren. Di Amerika Serikat, bersepeda tidak hanya untuk kebutuhan rekreas...

BERSEPEDA alias gowes merupakan aktivitias yang bisa dinikmati banyak sekali kalangan. Bahkan di Indonesia telah menjadi sebuah tren. Di Amerika Serikat, bersepeda tidak hanya untuk kebutuhan rekreasi atau olahraga selama masa pandemi Covid-19.

Sejumlah diaspora Indonesia di AS membuatkan pengalaman bersepeda di tengah pandemi.

Sebelum pandemi melanda, bersepeda bagi banyak orang di Amerika Serikat ialah kegiatan olahraga dan rekreasi karena mereka bisa menjaga kesehatan sekaligus bersosialisasi.

Serunya Gisel Sepedaan di Lapangan Banteng, Ditemani Pacar Tersayang

Terkadang sepeda juga digunakan sebagai alat transportasi pada waktu-waktu tertentu seperti bike-to-work day atau sekedar menikmati car-free day.

Kini di tengah pandemi, semakin banyak orang yang mengendarai sepeda sebagai alternatif sarana transportasi sehari-hari guna menghindari keramaian. Dengan pembatasan penggunaan sarana olahraga umum, seperti pusat kebugaran atau gym, bersepeda menjadi cara untuk menjaga kesehatan keluarga.

ilustrasi

Klub sepeda di Washington, D.C. (Foto: Courtesy/VOA)

Meningkatnya minat terhadap sepeda ini terlihat dari NPD Group, sebuah badan marketing research di Virginia, yang menyatakan bahwa penjualan sepeda di Amerika meningkat drastis pada masa pandemi.

Angka penjualan sepeda anak meningkat sebesar 56 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, sementara penjualan sepeda untuk orang dewasa naik sebesar 121 persen. Penjualan alat sepeda statis untuk keperluan olahraga di dalam ruaangan juga, menurut NPD Group, naik sebesar 268 persen.

Yuk Intip Tante Ernie Sepedaan di Kebun Raya Bogor

Ari Suryanto, seorang desainer ruang, hampir tiap hari pergi berangkat kerja mengendarai sepeda, bahkan sebelum masa pandemi. Menurut Ari, bersepeda merupakan hobi, dan melalui bersepeda ia bisa mendapatkan banyak sahabat.

Sosialisasi juga pasti ya, karena memang mau gak mau ya kita (jadi punya) banyak temen di situ, dan kebetulan mereka juga passion-nya sama. Jadi kalo kita kumpul, ya, yang diomongin, ya sama juga. Perihal sepeda, perihal tehnik. Jadi sama lah dengan passion-nya," ujar Ari seperti dilansir dari VOA, Rabu (25/11/2020).

Syafrin Setiawan, seorang manager perusahaan IT di Virginia, mengatakan bahwa ia telah mencoba banyak sekali olahraga lain seperti bulu tangkis dan pergi ke pusat kebugaran. Namun, ia merasa paling cocok dengan bersepeda karena ada unsur kesenangan tersendiri yang sulit dijelaskan.

Dengan saya bersepeda, saya bisa mendapatkan semuanya, stress relief (pelepas stres) dapet, rekreasi dapet, dan yang lainnya dapet," ujar Syafrin.

Stres pada masa pandemi memang dialami banyak orang, dan olahraga bersepeda disinyalir bisa membantu menghilangkan stres.

Comments