Kenapa akun gosip begitu disukai netizen di Indonesia?

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Kenapa akun gosip begitu disukai netizen di Indonesia?

Kenapa akun gosip begitu disukai netizen di Indonesia?

KEPONEWS.COM - Kenapa akun gosip begitu disukai netizen di Indonesia? Dunia entertainment memang penuh warna. Tak jarang mengejutkan. Sosok selebriti sebagai publik figur selalu menarik untuk diikuti. Apa saja kabar terbaru yang menyeret nama selebriti selalu sukses mem...
Loading...

Dunia entertainment memang penuh warna. Tak jarang mengejutkan. Sosok selebriti sebagai publik figur selalu menarik untuk diikuti. Apa saja kabar terbaru yang menyeret nama selebriti selalu sukses membuat publik heboh. Bukan hanya kabar baik saja, tapi justru kabar negatif bahkan yang baru rumor atau isu wacana artis bisa menyebar dengan sangat cepat.

Bila beberapa tahun belakangan kabar dan gosip terkini mengenai seleb hanya bisa dinikmati publik dari acara infotainment di TV, berbeda dengan kondisi sekarang ketika era sosmed. Belakangan, kabar terupdate selebriti justru datang melalaui akun-akun gosip di sosmed.

Akun gosip menyajikan berita seputar selebriti pun menjamur. Sebut saja seperti, @lambe_turah, @lambe_nyinyir, @makrumpita, @lambe_lamis, serta masih banyak yang lainnya. Para akun gosip tersebut menampilkan beragam berita terkini dari selebriti Tanah Air. Tak jarang, kini akun-akun tersebut justru menjadi sumber berita publik.

Uniknya, meski sering disebut sebagai akun yang nggak terang atau bermutu, respon netizen terhadap akun gosip terbilang besar. Dalam hitungan menit, ratusan komentar muncul menanggapi postingan akun tersebut. Bahkan salah satu akun gosip di Instagram tersebut berhasil memiliki follower hingga 3 jutaan. Wow!

Fenomena ini tentu saja menarik perhatian. Kenapa akun gosip bisa menjamur di publik internet di Indonesia. Dan sebenarnya seberapa menarik sebuah akun gosip hingga bisa menggugah minat para pengguna sosmed untuk mengikutinya?

Banyak jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Salah satunya ialah kenyataan bahwa naluri manusia ketika mengetahui sesuatu hal yang baru, maka rasa penasaran makin tinggi. Apalagi jikalau kabar terbaru tersebut berkaitan dengan selebriti atau idola mereka.

Wajar kalau seseorang memiliki rasa ingin tahu terhadap sebuah fenomena yang sedang terjadi. Terlebih pada ketika fenonema tersebut berkaitan dengan fenomena idola mereka, terang psikolog Mellissa Grace, M.Psi ketika dihubungi via telepon, Kamis (3/8)

Lebih lanjut psikolog yang dulu tenar lewat acara 'Lenong Bocah' ini menjelaskan jikalau keberadaan akun gosip tersebut dimanfaatkan sebagai media hiburan. Kala seseorang harus berada di dalam rutinitas kerja atau aktivitas sehar-hari, terkadang bisa menimbulkan stres yang tinggi. Di tengah perasaan stres inilah rata-rata orang membutuhkan hiburan. Dengan adanya akun gosip, sekilas bisa memberikan hiburan di tengah rutinitas yang padat.

"Akun gosip ini menjadi media pengalihan dari isu pribadi yang sesungguhnya. Beberapa orang kadang bisa merasa atau merasa bisa lari sejenak dari problem hidup yang sesugguhnya dia alami. Dengan fokus pada isu si artis, netizen bisa lupa sejenak pada persolan hidup yang dia alami," tuturnya.

Pernyataan ini juga diakui oleh salah satu karyawan swasta yang cukup aktif di sosmed. Pemilik akun Instagram @Riza*** itu mengakui alasannya tertarik memfollow akun gosip di Instagram untuk pengalihan dari kehidupan pribadinya.

Apalagi faktor kemudahan mengakses berita juga sangat mendukung. Tinggal klik layar ponsel semua orang bisa menikmati gosip terbaru yang sedang hangat. Apalagi ketika ini, ponsel seakan tak pernah lepas dari genggaman.

Hal senada juga diakui oleh seorang netizen pemilik akun @karinprad***, ia mengaku menyukai akun gosip karena mudah dijangkau.

"Akun gosip itu mudah dijangkau. Kita nggak perlu repot-repot menyalakan televisi untuk mendapatkan berita kabar terkini seorang selebriti," ujarnya.

Selain untuk mengetahui kabar terkini perihal idolanya, akun gosip di Instagram juga menjadi media untuk katarsis emosi.

Apa sih katarsis emosi? Menurut Psikolog Mellissa Grace, M.Psi, katarsis emosi ialah bentuk pengekspresian emosi-emosi yang dirasakan.

"Orang-orang atau netizen yang merasa memiliki problem yang serupa dengan publik figur yang menjadi sumber isu seringkali merasa bisa bersimpati," tuturnya.

Menurut dia, ketika orang merasa bersimpati, mereka akan mengeluarkan uneg-uneg yang mereka pikirkan. Entah dalam bentuk komentar positif ataupun komentar negatif. Itu yang menjelaskan kenapa banyak orang nyinyir.

Selain alasan tersebut, para pengguna sosmed juga merasa bisa dengan bebas menuliskan apa saja di kolom komentar si akun gosip, tanpa dilihat langsung oleh sang artis.

"Di sosmed, identitas seseorang bisa disamarkan, seseorang mudah banget ganti nama akun. Habis ngomong, komentar nyinyir, ganti akun, hilang deh. Hal ini membuat beberapa individu merasa 'lebih aman' daripada berbicara langsung dengan orangnya," pungkas Mellissa.

Fenomena akun-akun gosip di sosmed ternyata juga memunculkan hal-hal unik. Tak sekadar artis yang jadi sasaran gosip, tapi cara memberikan gosip juga terbilang unik. Untuk menyebut sang admin, digunakan istilah Minceu. Serta beberapa kalimat unik yang kini banyak dihafal orang. "Dengan kekuatan Hengpon Jadul, Cekrek Cekrek Aplot," contohnya.

Perpaduan foto atau video dengan caption unik membuat gosip itu sukses menarik perhatian hingga ramai diperbincangkan.

"Caption yang ditulis tuh lucu-lucu, bikin tertarik buat baca dan lihat postingannya." ujar netizen pemilik akun @novalw**.

Ternyata niat seseorang untuk memfollow akun gosip di Instagram nggak cuma buat ngepoin kehidupan artis aja ya. Banyak alasan di balik ketenaran akun gosip di sosmed tersebut. Kamu yang ngaku anak kekinian, juga ikut follow akun gosip nggak nih? Sudah berapa akun gosip Instagram nih yang kamu follow?

(nng)

Comments