Kenali Tradisi Unik Imlek, Jangan Lupa Bayar Utang

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Kenali Tradisi Unik Imlek, Jangan Lupa Bayar Utang

Kenali Tradisi Unik Imlek, Jangan Lupa Bayar Utang

KEPONEWS.COM - Kenali Tradisi Unik Imlek, Jangan Lupa Bayar Utang Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 mulai digelar hari ini Sabtu 25 Januari 2020. Warga Tionghoa di seleruh penjuru tanah air bakal bakal bersuka-cita dengan pergantian Tahun Baru China, seperti tahun-tahu...
Loading...

Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 mulai digelar hari ini Sabtu 25 Januari 2020. Warga Tionghoa di seleruh penjuru tanah air bakal bakal bersuka-cita dengan pergantian Tahun Baru China, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Menariknya, layaknya perayaan lebaran bagi umat muslim, perayaan Tahun Baru Imlek juga tak kalah meriah. Dan yang terpenting tidak melulu dengan tontonan tarian Barongsai. Ada beberapa tradisi lain yang sebenarnya cukup menarik disimak.

Nah dalam kesempatan ini, redaksi merangkum beberapa tradisi unik lainnya saat perayaan Tahun Baru Imlek di beberapa wilayah Indonesia.

1. Serba Merah
Salah satu tradisi yang banyak dilakukan saat merayakan Tahun Baru Imlek adalah menghias rumah dengan pernak-pernik bernuansa merah. Mulai dari lampion hingga hiasan lainnya. Selain tentunya busana merah.

2. Berkumpul bersama keluarga
Bagi warga Tionghoa, perayaan Tahun Baru Imlek biasanya juga dijadikan momentum untuk berkumpul dengan keluarga. Tradisi ini sebenarnya memang sangat lazim dilakukan terutama bagi mereka yang merantau ke kota besar seperti Jakarta. Biasanya acara berkumpul dengan keluarga diisi dengan makan bersama.

Lampion sambut Imlek di Pontianak

Imlek Identik dengan Nuansa Merah, Begini Penjelasannya

Antrean kendaraan memadati pintu keluar gerbang tol Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 25 Desember 2018.

Mau Libur Imlek di Puncak, Ini Jadwal Buka Tutup Jalurnya

Pemasok pernak-pernik Imlek Aling memperlihatkan Angpau Emas yang dijualnya di Pontianak, Kalbar, Selasa, 29 Januari 2019.

Asal Muasal Warna Merah Amplop Angpau di Tahun Baru Imlek

Ilustrasi mengecat dinding

Ahli Feng Shui Ungkap Warna Peruntungan Tiap Shio Jelang Imlek

Perayaan Imlek di Lippo Malls Indonesia.

5 Dekorasi Imlek yang Diyakini Bisa Bawa Keberuntungan

Bebek peking

5 Menu Khas Imlek yang Maknanya Dalem Banget

3. Bayar utang
Mungkin tradisi ini yang tak banyak diketahui. Ya, jelang Imlek biasanya warga Tionghoa akan melunasi utang-utang mereka. Tradisi ini bertujuan untuk menghindarkan beban di tahun selanjutnya.

Angpao Imlek

4. Bagi-bagi Ampao
Tradisi lain yang menjadi wajib saat perayaan Imlek tak lain tak bukan tentu bagi-bagi angpao. Hal ini tentu yang paling ditunggu anak-anak saat merayakan Imlek. Terkadang juga diberikan kepada orang yang tak bisa. Angpao sendiri dipercaya bisa memperlancar rezeki. Dan yang perlu menjadi catatan, uang angpao tidak boleh diberikan dalam jumlah ganjil dan mengandung angka 4 karena dianggap akan membawa sial.

5. Bakar petasan dan kembang api
Sama dengan perayaan tahun baru pada umumnya, Imlek juga dirayakan dengan menyalakan petasan atau kembang api.Yang perlu menjadi catatan, petasan untuk tahun baru China dibuat dari gulungan kertas warna merah.Suara petasan yang keras diyakini akan membuat takut roh jahat dan binatang jahat bernama Nian.Namun tradisi ini dibeberapa tempat dilarang karena membahayakan.

Comments