Kenali Sindrom Metabolik Pemicu Penyakit Kardiovaskular

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Kenali Sindrom Metabolik Pemicu Penyakit Kardiovaskular

Kenali Sindrom Metabolik Pemicu Penyakit Kardiovaskular

KEPONEWS.COM - Kenali Sindrom Metabolik Pemicu Penyakit Kardiovaskular ANDA bisa saja menderita gangguan metabolik seperti diabetes, hipertensi, serangan jantung walaupun dalam anggota keluarga tidak memiliki riwayat penyakit itu. Ternyata masalah itu merupakan penyakit...

ANDA bisa saja menderita gangguan metabolik seperti diabetes, hipertensi, serangan jantung walaupun dalam anggota keluarga tidak memiliki riwayat penyakit itu. Ternyata masalah itu merupakan penyakit sindrom metabolik yang membuat banyak orang tidak menyadari.

dr Tirza Gwendoline Matulessy SpPD, Spesialis Penyakit Dalam mengatakan, penyakit sindrom metabolik awalnya ditandai dengan kenaikan berat badan drastis atau obesitas, lingkar perut melebar, atau kadar gula darah tubuh yang selalu tidak seimbang.

"Semua itu penyebabnya yaitu penumpukan lemak dan kolesterol. Jadilah memicu penyakit kardiovaskular yang tidak banyak orang tahu," kata dr Tirza saat ditemui Okezone di RS Evasari, Rawasari, Jakarta Pusat, Jumat (23/12/2016).

Penyakit kardiovaskular tentu dipicu oleh hipertensi, juga gangguan pembuluh darah yang mengakibatkan kerusakan beberapa bagian organ tubuh. Misalnya orang yang mengalami penyakit sindrom metabolik lebih mudah menderita ginjal, stroke, kebutaan, jantung, dan organ penting lainnya.

Biasanya, menurut dr Tirza, orang akan mudah menderita sindrom metabolik di saat menjalani gaya hidup tidak sehat. Seperti pola makan sembarangan, tidak pernah olahraga, jarang beraktivitas fisik, dan masalah lainnya.

"Contoh karena orang enggak olahraga aktivitas berkurang. Jadilah obesitas, karena lama-lama kadar gula darah enggak bagus," tukasnya.

Kenali Sindrom Metabolik Pemicu Penyakit Kardiovaskular

Comments