Kenali Sejarah Peranakan dari Museum Peranakan!

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Kenali Sejarah Peranakan dari Museum Peranakan!

Kenali Sejarah Peranakan dari Museum Peranakan!

KEPONEWS.COM - Kenali Sejarah Peranakan dari Museum Peranakan! Jikalau Kamu pernah dengar perihal kaum Peranakan di Singapura, memang benar adanya. Dalam bahasa Melayu, istilah ini mempunyai arti lahir disini . Kaum Peranakan ialah keturunan dari imigran-imigran...

Jikalau Kamu pernah dengar perihal kaum Peranakan di Singapura, memang benar adanya. Dalam bahasa Melayu, istilah ini mempunyai arti lahir disini . Kaum Peranakan ialah keturunan dari imigran-imigran asal Tiongkok atau India yang menikahi kaum semenanjung Melayu pada abad ke-15 kaum ini terkenal dengan warisannya yang indah dan cantik.

Penuh warna, antik, detail dan rumit, merupakan gabungan kata yang menggambarkan warisan-warisan Peranakan. Meskipun orang-orang Peranakan di Singapura telah menyebar ke seluruh Singapura, sejarah dan warisan mereka masih bisa Kamu lihat di Peranakan Museum.

Bangunan ini dibangun pada tahun 1912. Sebelum menjadi obyek wisata, bangunan tua tersebut dulunya merupakan sekolah Hokkian modern untuk pelajar Singapura, bernama Tao Nan School. Tahun 2008, bangunan ini berganti menjadi Museum dan diresmikan pada 25 April 2008.

Kenali Sejarah Peranakan dari Museum Peranakan!

Dilihat dari tampilannya, bangunan kolonial berlantai tiga ini bernuansa klasik. Di dalamnya terdapat galeri foto, aksesori, tekstil, hingga peralatan rumah tangga yang digunakan oleh kaum Peranakan. Seperti pakaian tradisional dan kebaya yang biasa digunakan oleh wanita kaum ini. Banyak sekali motif dan warna akan Kamu temukan di museum ini, tentunya sangat Instagrammable!

Kenali Sejarah Peranakan dari Museum Peranakan!

Sorotan dalam museum ini merupakan cerita Peranakan dalam sejarah Singapura, tradisi pernikahan Peranakaan yang rumit, dan bagaimana Peranakan bisa berkembang hingga saat ini. Museum ini menyediakan 10 galeri, diantaranya mengenalkan agama dan kepercayaan yang dianut, masakan dan budaya makan bersama, orang-orang Peranakan terkenal, dan masih banyak lagi yang bisa Kamu jelajahi.

Selain galeri biasa dan barang-barang yang dipamerkan, museum ini mempunyai sisi modern seperti instalasi multimedia, seperti audio tambahan di galeri sehingga Kamu bisa ikut merasakan suasana di dalamnya.

Untuk biaya masuk, warga Asing dan Turis dikenakan tiket masuk seharga SGD13, sedangkan untuk Pelajar Asing dan Mahasiswa dikenakan tiket masuk seharga SGD 9.

Kapan waktu yang terbaik buat berkunjung? Kapan saja bisa, yang penting para wisatawan harus mengalokasikan waktu khusus untuk bisa berkunjung ke sini. Karena sayang sekali sudah jauh-jauh datang ke Singapura namun ternyata belum pernah ke sini. Untuk mengatur jadwal perjalanan, bisa ikut panduan itinerarynya di sini.

Maria Ozawa Menonton Pertandingan Timnas Indonesia

Maria Ozawa Kembali Dukung Timnas Indonesia U-22 Lawan Singapura

Sultan Mosque yang Fenomenal

Mengulik Sultan Mosque yang Fenomenal

Hjh Maimunah: Restoran Halal

[HALAL] Hjh Maimunah: Restoran untuk Lidah Indonesia

Light Show di Singapura

Light Show di Singapura yang Bisa Kamu Nikmati, Gratis!

Tur Neraka di Haw Par Villa

Tur Neraka di Haw Par Villa

Bermain Sepuasnya di SuperPark

Bermain Sepuasnya di SuperPark, Indoor Playground Tanpa Batasan Usia

Kenali Sejarah Peranakan dari Museum Peranakan!

Straits Family Sunday

Ini merupakan sebuah program yang diadakan Peranakan Museum setiap hari Minggu pertama di awal bulan. Kamu juga bisa ikut Straits Family Sunday dengan ikut memakai batik atau kain sarung untuk menggali lebih dalam budaya mereka.

Program ini menuntun Kamu dan keluarga diajak membuat seni kerajinan dan tur galeri dengan tema tertentu. Gratis dan tidak dipungut biaya untuk mengikuti program ini. Setiap bulannya, Straits Family Sunday mempunyai tema yang berbeda, jadi tidak akan sama setiap bulannya.

Bagaimana menuju kesana?

Untuk mencapai kesana, Kamu bisa naik MRT dan turun di City Hall MRT Station atau Bras Basah MRT Station dan berjalan kaki sekitar 10 menit. Museum ini buka setiap hari, mulai pukul 10.00 pagi.

Peranakan Museum, 39 Armenian Street

Penasaran dengan sejarah lain tempat-tempat bersejarah di Singapura? Baca selalu majalah digital SGB! Kamu hanya perlu klik di sini.

Comments