Kenali Pengemudi Alami Microsleep saat Tempuh Perjalanan Mudik

Otomotif

News / Otomotif

Kenali Pengemudi Alami Microsleep saat Tempuh Perjalanan Mudik

Kenali Pengemudi Alami Microsleep saat Tempuh Perjalanan Mudik

KEPONEWS.COM - Kenali Pengemudi Alami Microsleep saat Tempuh Perjalanan Mudik JAKARTA - Kondisi microsleep rentan terjadi pada pengemudi yang telah letih berada di dalam mobil dan cukup lama mengemudi melebihi batas yang dianjurkan adalah 10 jam dari batas kemampuan manusia men...

JAKARTA - Kondisi microsleep rentan terjadi pada pengemudi yang telah letih berada di dalam mobil dan cukup lama mengemudi melebihi batas yang dianjurkan adalah 10 jam dari batas kemampuan manusia mendapatkan konsentrasi di dalam mobil selama di perjalanan mudik.

Kondisi microsleep yang sering terjadi karena pengemudi kelelahan saat mudik bisa terlihat dari beberapa reaksi yang tanpa disadari pengemudi. Seperti saat akan berbelok, pengemudi salah arah menyalakan lampu sein. Kondisi tersebut memperlihatkan pengemudi tak lagi bisa berkonsentrasi maksimal.

Hal lain adalah pengemudi mulai merasa kepala dan kelopak matanya terasa berat. Indikasi mudah mengenalinya, dalam beberapa menit pengemudi sering sekali menguap dengan durasi cukup panjang. Kepala juga sering mengangguk tanpa sengaja.

Dengan kondisi seperti ini, pengemudi biasanya mempunyai tingkat kewaspadaan yang kritis. Hal tersebut karena pengemudi sudah melebihi batas mengemudi karena berhadapan dengan kemacetan panjang yang tak memungkinkan berhenti untuk istirahat.

Ketiga, bagaimana bila Kamu merasa sudah sangat lelah selama perjalanan mudik sementara tidak ada driver pengganti? Jalan terbaik satu-satunya merupakan berhenti dan beristirahat tidur. Rentang waktu sekitar 30 menit sudah cukup asal tidur Kamu pulas. Rest area bisa jadi pilihan lokasi terbaik saat Kamu melaju di jalan tol.

(muf)

Comments