Kenali Hidangan Nikmat dan Unik, Bakmi Ketoprak Khas Solo

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Kenali Hidangan Nikmat dan Unik, Bakmi Ketoprak Khas Solo

Kenali Hidangan Nikmat dan Unik, Bakmi Ketoprak Khas Solo

KEPONEWS.COM - Kenali Hidangan Nikmat dan Unik, Bakmi Ketoprak Khas Solo JIKA pernah menyambangi kota Solo pasti pernah melihat atau bahkan merasakan nikmatnya bakmi ketoprak. Tapi yang baru berkesempatan, mendengar mananya saja pasti agak membuat resah membayangkan sepors...

JIKA pernah menyambangi kota Solo pasti pernah melihat atau bahkan merasakan nikmatnya bakmi ketoprak. Tapi yang baru berkesempatan, mendengar mananya saja pasti agak membuat resah membayangkan seporsi bakmi ketoprak ini.

Hidangan ini sangat populer di Solo. Meskipun mengandung nama ketoprak, namun hidangan ini jauh berbeda dengan ketoprak ala Jakarta. Dikutip dari buku 80 Warisan Masakan Nusantara yang disusun oleh Semijati Purwadaria, hidangan khas Solo ini kerap disebut dengan Mi Toprak.

Setelah Bantu Korban Badai Harvey, Beyonce Mampir ke Restoran Cepat Saji Ini

Meski tidak terang asal usul hidangan ini, tapi masyarakat Solo sudah sangat familiar dengan hidangan ini. Salah satu versi menyebutkan hidangan ini kerap dijual secara berkeliling dengan kentongan yang disebut keprak. Konon suaranya mirip seperti salah satu alat gamelan yang mengiringi pementasan ketoprak, sejenis acara pentas seni tradisional khas Jawa Tengah.

Di samping itu, isian hidangan ini juga menggambarkan suasana pementasan ketoprak yang ramai dan meriah. Ya, bakmi ketoprak memiliki isian yang sangat banyak dan beragam.

Beberapa isiannya antara lain mi bihun, irisan kol, tahu goreng, tempe goreng, telur, sosis solo hingga taburan kacang tanah goreng. Semua bahan isian ini kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan segar. Rasanya semakin matap karena hidangan ini disajikan juga dengan potongan daging, tetelan hingga cingur sapi.

Pegawai Resto Cepat Saji Bocorkan Rahasia kalau Porsi Kentang Goreng Selalu Dikurangi dari Takaran yang Seharusnya!

Bagi orang Jawa, menyantap bakmi ketoprak akan kurang lengkap kalau tidak disandingkan dengan kerupuk. Biasanya kerupuk yang jadi pelengkap merupakan kerupuk karak yakni kerupuk yang dibuat menggunakan nasi yang dihaluskan dan dikeringkan. Ini merupakan kerupuk khas Solo juga.

Rasa bakmi ketoprak sangat warna-warni karena dari isian yang komplit disajikan dengan kuah kaldu gurih dan juga pelengkap yang renyah dan kriuk-kriuk. Bagi penyuka rasa pedas, bakmi ketoprak bisa ditambahkan sambal dan kucuran kecap manis. Dijamin rasanya semakin cocok di lidah.

Antimainstream, Pengantin Wanita Ini Lebih Pilih Buket Berisi Donat Ketimbang Bunga

Sampai ketika ini, bakmi ketoprak memang sangat populer di Solo sementara di daerah lain belum banyak tersedia. Tapi di Solo penjualnya juga beragam mulai dari pedagang gerobakan hingga warung makan tradisional yang lebih nyaman.

Kenali Hidangan Nikmat dan Unik, Bakmi Ketoprak Khas Solo

Comments