Kenali Dampak Radiasi dan Cara Menghindarinya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Kenali Dampak Radiasi dan Cara Menghindarinya

Kenali Dampak Radiasi dan Cara Menghindarinya

KEPONEWS.COM - Kenali Dampak Radiasi dan Cara Menghindarinya Radiasi radioaktif di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan tengah menjadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia. zat berbahaya tersebut bersumber dari serpihan limbah radioaktif yang tert...

Radiasi radioaktif di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan tengah menjadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia. zat berbahaya tersebut bersumber dari serpihan limbah radioaktif yang tertanam di dalam tanah bagian depan perumahan.

Sebagaimana dilansir Marchofdimes, Senin (17/2/2020), radiasi merupakan sejenis energi. Radiasi bergerak seperti sinar atau partikel di udara. Radiasi dapat menempel pada material seperti debu, bubuk atau cairan. Pada dasarnya seseorang terpapar atau bersentuhan dengan sejumlah kecil radiasi hampir setiap hari.

Radiasi ini berasal dari sumber alami seperti sinar matahari dan sumber lain yang berasal dari manusia seperti oven microwave, ponsel dan sinar-x yang digunakan dalam dunia medis. Radiasi semacam ini tidak menimbulkan efek yang serius. Namun beberapa kecelakaan seperti pembangkit listrik tenaga nuklir dapat membuat seseorang terkena radiasi yang lebih besar dan berbahaya bagi manusia dan janin.

Radiasi dalam dunia medis

Dalam dunia medis radiasi cukup berperan penting untuk mempermudah tugas para dokter. Sistem radiasi bisa ditemukan pada x-ray atau tes lainnya seperti computed tomography atau yang biasa disebut dengan CT atau CAT scan. CT Scan memakai peralatan sinar-x khusus dan komputer yang kuat untuk memperlihatkan gambaran bagian dalam tubuh seseorang. Kebanyakan sinar-x ini aman digunakan selama kehamilan.

CT Scan

Bila seseorang sedang hamil dan memerlukan sinar-x atau CT Scan adakalanya tenaga medis tidak menganjurkannya dan baru akan melakukan setelah sang bayi lahir. Kemungkinan mereka sengaja memodifikasi tes untuk mengurangi jumlah radiasi arau memakai tes lain yang sama sekali tidak memakai radiasi seperti ultrasound.

Cara menghindari radiasi

Bila seseorang berada dalam kondisi darurat radiasi dan diprediksi bakal terpapar radiasi dalam jumlah besar, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari paparan radiasi. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan tiga cara untuk menghindarinya.

1. Masuk ked dalam, pastikan Kamu ada di bagian tengah bangunan atau ruang bawah tanah yang jauh dari pintu dan jendela. Pastikan Kamu juga membawa seluruh hewan peliharaan ke dalamnya.

2. Tetap berada di dalam. Tutup dan kunci jendela serta pintu. Mandilah atau usap bagian tubuh Kamu yang terbuka dengan kain lembab. Konsumsi air botolan dan makan makanan dalam wadah tertutup.

3. Tetap bertahan, gunakan radio, televisi, komputer atau perangkat seluler untuk mendapatkan berita terkini di wilayah Kamu.

(hel)

Comments