Kenali Beda Gejala Flu dan Alergi Rhinitis

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Kenali Beda Gejala Flu dan Alergi Rhinitis

Kenali Beda Gejala Flu dan Alergi Rhinitis

KEPONEWS.COM - Kenali Beda Gejala Flu dan Alergi Rhinitis KERAP bersin saat cuaca dingin atau di pagi hari usai bangun tidur, tapi badan tidak terasa seperti terkena flu? Kamu harus tahu karena bila setiap hari selalu mengalami hal itu, Kamu bisa mengalami a...

KERAP bersin saat cuaca dingin atau di pagi hari usai bangun tidur, tapi badan tidak terasa seperti terkena flu? Kamu harus tahu karena bila setiap hari selalu mengalami hal itu, Kamu bisa mengalami alergi rhinitis.

Nah, flu dan alergi rhinitis tidak sama namun gejalanya hampir mirip. Kamu harus bisa membedakannya agar tak salah penanganannya.

Dijelaskan dr. Selfiyanti Said M.Kes Sp.THT-KL, sepintas gejala Alergi Rhinitis mirip demam flu. Adalah hidung tersumbat, kadang berair, dan bersin-bersin.

Flu

"Bedanya flu disebabkan oleh infeksi virus influensa sedangkan Alergi Rhinitis dipicu oleh reaksi alergi. Bisa jadi karena alergi terhadap cuaca, debu, bulu hewan, serbuk bunga hingga stres," katanya lewat keterangan Dicom.

Sementara flu, lanjut dia, biasanya disertai demam, tidak dengan alergi. Gejala yang mayoritas pada alergi merupakan bersin-bersin dan hidung tersumbat.

Dokter Selfiyanti menambahkan, alergi biasanya gejalanya muncul pada waktu-waktu tertentu. Seringnya pagi atau malam hari, pada saat dingin.

Comments