Kenali 9 Penyebab Karburator Motor Banjir, Begini Solusi Mengatasinya

Otomotif

News / Otomotif

Kenali 9 Penyebab Karburator Motor Banjir, Begini Solusi Mengatasinya

Kenali 9 Penyebab Karburator Motor Banjir, Begini Solusi Mengatasinya

KEPONEWS.COM - Kenali 9 Penyebab Karburator Motor Banjir, Begini Solusi Mengatasinya MESKI sepeda motor keluaran baru saat ini sudah memakai injeksi, tetapi tidak sedikit motor yang mengaspal di jalan masih memakai karburator. Komponen ini berfungsi untuk mencampurkan udara serta baha...

MESKI sepeda motor keluaran baru saat ini sudah memakai injeksi, tetapi tidak sedikit motor yang mengaspal di jalan masih memakai karburator. Komponen ini berfungsi untuk mencampurkan udara serta bahan bakar yang sesuai.

Kemampuannya dalam menyuplai bensin sangatlah penting meskipun ukurannya kecil. Apabila tidak dipelihara dengan baik masalah banjir pada karburator bisa terjadi.

Penyebab karburator banjir harus segera diteliti supaya perbaikan dapat dilakukan. Jikalau tidak, maka mesin motor akan susah sekali dinyalakan. Alasannya busi terendam bensin sehingga tidak bisa memercikkan bunga api.

Jangan Sembarangan, Ini 5 Tips Merawat Motor Injeksi

Ada ciri-ciri yang menandakan saat terjadi banjir pada karburator. Ciri pertama pada body karburator akan terlihat basah kuyup disebabkan bensin keluar melalui lubang hawa.

Ciri yang kedua merupakan bensin akan sulit masuk ke ruang bakar sehingga mesin pun jadi sulit untuk dihidupkan. Apabila menemukan kedua ciri ini, sebaiknya segera cari tahu penyebabnya, dengan begitu langkah perbaikan bisa segera dilakukan.

Ilustrasi

Ilustrasi (Okezone)

Untuk lebih jelasnya, berikut ini 9 penyebab karburator motor banjir dan solusinya, dilansir dari laman Suzuki, Kamis (23/9/2021).

1. Salah Merakit Karburator

Penyebab karburator banjir yang paling umum terjadi ialah kesalahan dalam merakit karburator setelah servis atau dari pabrikannya. Biasanya bila servis ke bengkel bukan resmi, perakitan yang tidak tepat sering terjadi.

Ketidaktepatan dalam merakit ini mengakibatkan beberapa hal seperti pelampung karburator yang terjepit. Kalau hal ini terjadi maka pelampung tidak bekerja untuk menggerakan jarum pelampung yang jadi indikator bensin sudah penuh.

6 Tips Aman Kendarai Motor agar Terhindar dari Virus Corona

Pengisian bahan bakar bisa terus berlanjut dan menciptakan kebocoran. Solusi yang bisa dilakukan merupakan memasang ulang karburator dengan tepat. Sebaiknya dilakukan di bengkel resmi.

2. Kran Bensin Rusak

Salah pemasangan merupakan kelalaian yang bisa diperbaiki dengan memasang ulang, tapi tidak dengan kran bensin yang rusak. Kran tersebut seharusnya mempunyai sistem buka tutup ketika motor dinyalakan sehingga bensin dapat diatur penggunaannya.

Kran yang rusak membuat peredaran bensin terjadi terus menerus ketika mesin menyala ke karburator. Dampaknya merupakan banjir pada bagian karburator. Kerusakan pada kran bensin ini hanya bisa diperbaiki dengan mengganti dengan yang baru.

3. Jarum Pelampung yang Aus

Setiap karburator dilengkapi dengan jarum pelampung yang berfungsi untuk menutup saluran bensin pada saat suplai sudah penuh. Kerusakan pada jarum ini merupakan hal yang wajar karena terbuat dari karet dan bisa saja sudah aus.

Selain aus, jarum ini juga bisa diselimuti kotoran karena tidak memakai bahan bakar dengan RON yang tinggi. Kerak akan menempel pada jarum sehingga penutupan saluran bensin tidak tepat.

Apabila penyebab karburator banjir ialah jarum yang sudah aus maka perlu menggantinya. Kalau hanya kotor maka tak perlu mengganti melainkan membersihkannya saja.

Comments