Kenali 5 Penyebab Mesin Mobil Mengelitik, Begini Cara Mengatasinya

Otomotif

News / Otomotif

Kenali 5 Penyebab Mesin Mobil Mengelitik, Begini Cara Mengatasinya

Kenali 5 Penyebab Mesin Mobil Mengelitik, Begini Cara Mengatasinya

KEPONEWS.COM - Kenali 5 Penyebab Mesin Mobil Mengelitik, Begini Cara Mengatasinya PERNAHKAH Kamu merasakan mobil terderak suara mengelitik pada saat idle lalu ketika melakukan akselerasi, tarikannya berat atau bahkan mesin seperti tidak ada tenaga. Umumnya setiap pabrikan menciptak...

PERNAHKAH Kamu merasakan mobil terderak suara mengelitik pada saat idle lalu ketika melakukan akselerasi, tarikannya berat atau bahkan mesin seperti tidak ada tenaga.

Umumnya setiap pabrikan menciptakan suara mobil yang halus dan bertenaga. Jikalau terjadi seperti itu berarti mobil Kamu mengalami gejala knocking alias ngelitik. Suara seperti klitik klitik klitik tersebut tampak jelas perbedaanya terlebih kalau Kamu melakukan akselerasi.

Biasanya penyebab mesin mobil ngelitik terjadi karena pembakaran yang tidak tepat dari ruang mesin. Maka dari itu detonasi pada mesin ke bahan bakar di ruang mesin sudah terbakar sebelum waktunya dan membuat ledakan.

5 Cara Sederhana Menghilangkannya Karat pada Mobil

Gejala ngelitik rupanya dapat dihilangkan dengan cara mengenali penyebab dan cara mengatasinya. Maka dari itu Kamu wajib mengenalinya terlebih dahulu sebelum memulai tindakan pencegahan yang salah karna kurangnya pemahaman.

Ilustrasi

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra, Senin (27/9/2021), berikut 5 penyebab mesin ngelitik dan cara mengatasinya:

1. Pengapian tidak tepat

Ini merupakan penyebab utama yang bisa Kamu selidiki secara kasat mata, terutama pada komponen busi mobil yang berperan penting memerecikan api pada ruang bakar.

Agar Tetap Prima, Ini 5 Alasan Mobil Perlu Tune Up Secara Terencana

Ketika busi tersebut sudah lemah maka api yang dihasilkan dari percikan tesebut menjadi kecil. Sehingga yang terjadi bensin yang akan disemprotkan dari injektor tidak bisa terbakar dengan maksimal. Solusinya Kamu dapat mengganti busi dengan yang baru untuk hasil pembakaran mesin terbarik

2. Percampuran bahan bakar dengan udara tidak tepat

Ini terjadi karena pencamburan antara bahan bakar, udara dan pengapian tidak sesuai dan tidak merata. Solusi dari permasalah tersebut adalah dengan melakukan tune up dan servis terencana. Dalam melakukan servis juga akan dilakukan tahapan penyettingan bahan bakar. Hal itu tentunya dapat mengurangi gejala ngelitik.

Comments