Kenali 3 Tahapan Terjadinya Sel Kanker Paru-Paru

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Kenali 3 Tahapan Terjadinya Sel Kanker Paru-Paru

Kenali 3 Tahapan Terjadinya Sel Kanker Paru-Paru

KEPONEWS.COM - Kenali 3 Tahapan Terjadinya Sel Kanker Paru-Paru KANKER paru tidak terjadi dalam jangka waktu yang singkat dan langsung. Pasalnya, tubuh memiliki sistem imunitas untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.DR dr Elisna Syahruddin, SpP(K), PhD, spesialis pa...

KANKER paru tidak terjadi dalam jangka waktu yang singkat dan langsung. Pasalnya, tubuh memiliki sistem imunitas untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

DR dr Elisna Syahruddin, SpP(K), PhD, spesialis paru, mengatakan, asap polusi yang terhirup atau dihirup bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel di saluran nafas. Di sini tubuh biasanya memperbaikinya seperti sedia kala.

Dalam suatu kondisi, tubuh bisa saja tidak bisa memperbaiki kerusakan sel dan bisa mencetuskan terjadinya kanker paru. Dr Elisna menjelaskan, terdapat tiga tahapan bisa terjadinya kanker paru.

Inisiasi

"Tahap inisiasi ini, tubuh memperbaiki sel yang tidak normal menjadi kembali lagi ke normal," ungkap dr Elisna di daerah Kebon Sirih, Jakarta Barat, Jumat 10 Februari 2017. Bila saluran nafas terpapar asap polusi secara terus-menerus dan tahap inisiasi ini tidak bisa dilakukan lagi, maka perbaikan sel masuk ke tahap promosi.

Promosi

"Kemudian masuk ke promosi, karena sel berubah menjadi tidak normal. Tapi tubuh punya kemampuan membunuh yang sel yang tidak normal itu," jelasnya. Namun, sel yang tidak normal itu bisa saja tidak bisa teratasi lagi oleh sistem tubuh dan berkembang menjadi sel pencetus kanker.

Karsinoma

Perkembangan sel ganas ini disebut karsinoma atau kanker, terjadi setelah melewati inisiasi dan promosi. Dr Elisna menjelaskan, perkembangan sel kanker ini bisa cepat atau lambat, tergantung dari daya tahan tubuh masing-masing orang.

Kenali 3 Tahapan Terjadinya Sel Kanker Paru-Paru

Comments