Kenalan Yuk Sama 10 Jenis Keju Untuk Bahan Masakan, Yang Bikin Masakan Lezat dan Bergizi!

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Kenalan Yuk Sama 10 Jenis Keju Untuk Bahan Masakan,  Yang Bikin  Masakan Lezat dan Bergizi!

Kenalan Yuk Sama 10 Jenis Keju Untuk Bahan Masakan, Yang Bikin Masakan Lezat dan Bergizi!

KEPONEWS.COM - Kenalan Yuk Sama 10 Jenis Keju Untuk Bahan Masakan, Yang Bikin Masakan Lezat dan Bergizi! Walaupun bukan makanan asli Indonesia, tapi penggemar keju di Indonesia udah ngga bisa terhitung jari. Ketika ini, restaurant di Indonesia juga banyak banget yang olahan makanannya pakai keju. Aroma d...
Loading...

Walaupun bukan makanan asli Indonesia, tapi penggemar keju di Indonesia udah ngga bisa terhitung jari. Ketika ini, restaurant di Indonesia juga banyak banget yang olahan makanannya pakai keju. Aroma dan rasa gurihnya keju memang selalu bikin jatuh cinta deh pokoknya. Nah, sebagai pecinta keju, apalagi lo demen masak, lo wajib tau nih jenis-jenis keju. Jangan sampai rasa masakan jadi kurang mantap karena salah pilih keju ya. Simak yuk 10 jenis keju di bawah ini.

1. Keju Mozzarella

http://kuyahejo.com

Keju khas Italia ini pertama kali di produksi terbuat dari susu kerbau. Namun, di negara Italia dan Bulgaria, jumlah kerbau sudah semakin sedikit. Makanya sebagian besar keju mozzarella sekarang terbuat dari susu sapi guys. Tekstur keju mozzarella ini lembut dan punya aroma yang tajam lho. Keju mozzarella juga mengandung 40-50% lemak guys, biasanya dimanfaatkan sebagai pelengkap pengolahan pizza, kaserol, dan lasagna.

2. Keju Cheddar

Zacmeat

Keju ini berasal dari Kota Cheddar (Somerset, Inggris) guys. Dari sekian banyak jenis keju, keju cheddar lah yang paling banyak dibeli dan dimakan di seluruh dunia, termasuk populer juga di Indonesia ya. Terbuat dari susu sapi yang dipasteurisasi, keju cheddar punya tekstur yang relative keras dan berwarna kuning pucat hingga putih gading. Keju cheddar punya kandungan lemak sampai 48% guys, kalo di Indonesia biasanya selalu dijadikan bahan untuk bikin kudapan manis lebaran.

3. Keju Parmesan

http://www.masakanpraktisrumahan.com

Parmesan berasal dari daerah Parma, Italia merupakan keju yang terbuat dari susu sapi, tapi tidak dipasteurisasi. Keju ini kenal sebagai hardcheese karena teksturnya yang keras dan kasar. Keju yang punya kandungan lemak hingga 61% ini biasanya dijual dalam kemasan dan sudah berupa parutan. Biasanya keju parmesan juga digunakan untuk taburan pasta, pizza, muffin, salad, spageti dan macaroni.

4. Keju Camembert

http://www.gulalives.co

Keju yang berasal dari Perancis ini punya tekstur lembut. Selain itu, keju camembert juga bagian dalamnya berbentuk krim tanpa harus melalui proses pemasakan guys. Kandungan lemak dalam keju camembert mencapai 45%.

5. Keju Manchego

https://job-like.com/magazine

Keju yang satu ini berasal dari daerah La Mancha di Spanyol. Proses pembuatannya dengan menggunakan susu domba yang dipasteurisasi guys. Keju yang punya tekstur keras ini merupakan keju Spanyol yang paling populer lho, terbukti karena keju manchego banyak di ekspor ke banyak negara di dunia.

6. Keju Gorgonzola

good-cooking.co.uk

Ngga heran ya kalau Italia terkenal dengan negara penghasil keju, Gorgonzola merupakan keju yang dibuat di sebuah desa di utara Italia. Keju ini bertekstur lunak yang terbuat dari susu sapi yang dipasteurisasi guys. Keju gorgonzola biasanya di bungkus dengan kertas timah untuk menjaga kelembabannya. Warnanya pun bervariasi, dari putih hingga kuning jerami dengan urat-urat yang berwarna hijau atau biru kehijauan.

7. Keju Gruyere

mahasiswamakan.wordpress.com

Gruyere merupakan keju yang punya tekstur keras terbuat dari susu sapi mentah dari daerah Gruyere, Swiss. Proses pematangan keju gruyere pun lebih lama, sehingga teksturnya jadi lebih padat dan rasanya lebih tegas.

8. Keju Emmental

radiotimes.com

Ada banyak sebutan lho untuk keju yang satu ini. Emmental, Emmentaler, Emmenthal atau Emmenthaler, merupakan keju yang berasal dari Swiss yang dibuat dengan susu sapi mentah dan punya banyak lubang atau mata yang berukuran besar guys. Keju ini diberi nama dari daerah asalnya, yaitu lembah Emme di Canton Bern guys. Tapi, sayangnya keju emmental ini punya banyak tiruan yang diproduksi di banyak sekali negara. Masih inget kartun Tom & Jerry, nah inilah makanan kesukaan si Jerry.

9. Keju Brie

http://www.livestrong.com

Keju asal Perancis ini punya tekstur yang lembut guys. Untuk mengenali keju brie ini gampang banget, karena kulit keju brie berwarna putih dan ada bintik-bintik pigmen kemerahan. Aromanya tajam dan kalo dimasak, keju ini akan meleleh menyerupai krim.

10. Keju Edam

food.detik.com

Jenis keju yang terakhir merupakan keju yang berasal dari Belanda. Keju ini dinamai edam karena pertama kali dibuat di Edam, Holland Utara Edam. Bentuknya bulat dan berwarna kuning terang guys, keju ini juga dibungkus dengan paraffin dan malam (zat) berwarna merah. Tekstur keju edam ini lembut banget, agak sedikit asin atau rasanya kaya kacang. Keju edam punya kandungan lemak yang lebih rendah, yaitu sebanyak 28% dan kandungan protein sebanyak 25%.

Nah, udah tau dong sekarang jenis-jenis keju? Ada yang udah pernah coba? Keju jenis apa nih yang jadi favorit kalian atau yang sering kalian makan?

Comments