Kemkominfo: Disuntik Vaksin Covid-19 Tak Akan Jadi Tintan, Apa itu Titan?

Music - Movies - TV

Updates / Music - Movies - TV

Kemkominfo: Disuntik Vaksin Covid-19 Tak Akan Jadi Tintan, Apa itu Titan?

Kemkominfo: Disuntik Vaksin Covid-19 Tak Akan Jadi Tintan, Apa itu Titan?

KEPONEWS.COM - Kemkominfo: Disuntik Vaksin Covid-19 Tak Akan Jadi Tintan, Apa itu Titan? Warganet heboh soal vaksin virus corona berhubungan dengan Titan. Hal itu pun ditanggapi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo). Jadi, apa itu Titan? Simak penjela...

Warganet heboh soal vaksin virus corona berhubungan dengan Titan. Hal itu pun ditanggapi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo). Jadi, apa itu Titan? Simak penjelasannya di berita ini.

Dalam siaran langsung vaksinasi covid-19 kemarin, akun YouTube Kemkominfo TV menanggapi candaan warganet soal vaksin virus corona yang dikaitkan dengan Titan.

"Sekali lagi, berita untuk masyarakat. Yang disuntik vaksin tidak akan menjadi titan!" tulis Kemkominfo TV, dikutip Suara.com.

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks Heboh Komentar soal Suntik Vaksin Bisa Jadi Titan, Kemkominfo Tegaskan Ini Dany Garjito | Nur Afitria Cika Handayani Kamis, 14 Januari 2021 | 07:09 WIB Presiden Joko Widodo (tengah) bersiap disuntik dosis pertama vaksin COVID-19 produksi Sinovac oleh vaksinator Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Abdul Mutalib (kanan) di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). [ANTARA FOTO/HO/Setpres-Agus Suparto] BeritaHits.id - Proses penyuntikkan vaksin perdana Presiden Joko Widodo telah berhasil dilakukan. Penyuntikkan vaksin covid-19 kepada Jokowi disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube pemerintah seperti Sekretariat Presiden dan Kemkominfo TV.  Pada saat siaran langsung, rupanya warganet meninggalkan jejak komentar yang mengocok perut.  Pasalnya, mereka melontarkan candaan bahwa suntik vaksin akan membuat seseorang menjadi titan.  Beberapa warganet berkomentar soal vaksin yang akan membuat diri menjadi seorang titan.  Sebagai informasi, Titan adalah tokoh raksasa dalam anime Attack on Titan.  Kelakar warganet tersebut rupanya hal tersebut langsung ditepis oleh admin Kemkominfo TV. Dia menegaskan bahwa suntik vaksin tidak akan membuat seseorang menjadi titan.  Komentar admin Kemkominfo TV. (Youtube)Komentar admin Kemkominfo TV soal soal vaksin virus corona berhubungan dengan Titan. (Youtube)

Bagi yang sudah nonton anime Jepang, Attack On Titan, Kamu akan tahu bahwa Titan merupakan makhluk raksasa. Mereka mengonsumsi makhluk hidup. Akan tetapi, kali ini mari kita coba cari tahu kenapa Titan dihubungkan dengan virus corona. Lah, apa itu Titan? Mengapa dikaitkan dengan vaksin virus corona?

Terima 120 Ribu Dosis, Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Dimulai Hari Ini

Mula-mula ramai di Twitter. Akun @themekamu menulis, Suntik vaksin bareng-bareng, kalau berhasil kita sehat bareng, tapi kalau gak berhasil kita jadi titan bareng-bareng .

Gak mau divaksin, nanti jadi titan, cuit netizen dengan nama akun @b3b4n0rtu.

Jadi sebenarnya, hubungan antara Titan dengan virus corona itu dijembatani oleh joke-joke segar anak-anak Twitter.

Lalu apa itu Titan?

Titan atau Attack On Titan yang tayang di Netflix, Viu, dan saluran streaming merupakan karya Hajime Isayama. Attack on Titan berkisah perihal usaha Eren Yeager dan kawan-kawannya melawan titan yang menyerang tempat tinggal mereka.

Jadi yang Pertama Divaksinasi Covid-19, Bupati Sleman Teringat Masa Kecil

Dalam film itu, Titan ialah makhluk raksasa yang secara fisik mirip dengan manusia. Bedanya, Titan mempunyai bentuk tubuh yang tidak proporsional.

Mereka cacat menurut standar manusia. Misalnya, penampakannya kepala lebih besar daripada tubuhnya, lengan kecil, mulut sangat lebar dan sebagainya.

Hajime Isayama menggambarkan Titan tidak mempunyai tujuan hidup selain memangsa manusia. Hanya manusia. Mereka tidak tertarik pada hewan atau pun tumbuhan.

Trailer serial anime Attack on Titan season terakhir [Youtube]Trailer serial anime Attack on Titan season terakhir [Youtube]

Serum dalam Attack On Titan

Lalu, di sinilah hubungan virus corona dengan Titan jadi ramai. Suatu hari, dalam kisah Attack on Titan, muncul sebuah serum yang berkemampuan untuk mengubah manusia jadi Titan. Serum ini dapat bereaksi pada orang-orang bangsa Eldia, disebut juga Subject of Ymir.

Komposisi utama serum berasal dari cairan sumsum tulang belakang Titan. Serum ini cepat menguap setelah kontak dengan udara. Oleh karenanya, di dalam animenya, cairan ini disimpan dalam kontainer kedap udara.

Cara paling umum untuk memakai serum ini ialah dengan suntikan lewat lengan atau leher bagian belakang. Setelah masuk ke dalam peredaran darah, orang-orang yang disuntik langsung mengalami perubahan fisik menjadi Pure Titan.

Suatu hari, diketahui orang-orang dari bangsa Marley yang memusuhi bangsa Eldia memakai serum Titan itu untuk menghukum bangsa Eldia yang melanggar hukum. Kemudian melepaskan orang yang sudah menjadi Titan ke Pulau Paradis yang dihuni oleh bangsa Eldia.

Akibatnya, mereka memangsa bangsa Eldia yang sebenarnya merupakan saudara mereka sendiri. Kenapa mereka bisa tidak tahu bahwa mereka memangsa saudara sebangsa sendiri? karena jikalau sudah berubah menjadi Titan, mereka kehilangan sifat manusiawi dan kemampuan untuk berpikir.

Titan juga disebutkan dalam mitologi Yunani. Titan digunakan untuk menyebut anak-anak dari Uranus dan Gaia yang jumlahnya ada 12. Para Titan menguasai bumi sebelum dewa-dewa Olimpus. Para Titan dalam mitologi Yunani dikisahkan melawan Uranus untuk merebuat kekuasaannya. Titan yang paling cerdik, yaitu Kronos berhasil menggulingkan ayahnya.

Sudah sampai di situ saja penjelasan ringan wacana apa itu Titan. Tidak ada hubungan langsung dengan virus corona. Semua terjadi karena candaan anak-anak Twitter.

Kontributor : Mutaya Saroh

Comments