Kemenparekraf Segera Terbitkan Buku Panduan Protokol Kesehatan Usaha Parekraf

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Kemenparekraf Segera Terbitkan Buku Panduan Protokol Kesehatan Usaha Parekraf

Kemenparekraf Segera Terbitkan Buku Panduan Protokol Kesehatan Usaha Parekraf

KEPONEWS.COM - Kemenparekraf Segera Terbitkan Buku Panduan Protokol Kesehatan Usaha Parekraf Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) segera menerbitkan buku panduan (handbook) bagi pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Diharapkan dengan handbook ini penerap...

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) segera menerbitkan buku panduan (handbook) bagi pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Diharapkan dengan handbook ini penerapan protokol kesehatan dapat berjalan dan diawasi dengan baik.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekaf R. Kurleni Ukar dalam acara Virtual Talkshow Sosialisasi Kebijakan dan Simulasi Protokol Kesehatan di Sektor Pariwisata yang digelar Kemenparekraf mengatakan, Kemenparekraf tengah membuat handbook sebagai panduan teknis dari Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

kafe new normal

Buku panduan dibuat dengan memperhatikan faktor penting yang menjadi kebutuhan utama wisatawan pascapandemi Covid-19 adalah kebersihan (cleanliness), kesehatan (health), keselamatan (safety), dan kelestarian lingkungan (environment).

"Dari sekian banyak jenis usaha pariwisata, Kemenparekraf mengelompokkan menjadi 12 sektor. Mulai dari hotel/penginapan, rumah makan, moda transportasi, lokasi daya tarik wisata, sarana dan kegiatan olahraga, jasa perawatan kecantikan rambut, jasa ekonomi kreatif, jasa penyelenggaraan event dan pertemuan (MICE)," ujar Kurleni Ukar.

Lebih lanjut Plt. Deputi Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Frans Teguh mengungkapkan, saat ini dua dari 12 handbook akan segera diterbitkan. Sementara sisanya termasuk buku panduan bagi pelaku usaha ekonomi kreatif dalam tahap finalisasi dan diharapkan segera menyusul untuk diterbitkan.

Detik-Detik Melahirkan, Vanessa Angel Joget Girang di Rumah Sakit

"Saya harap panduan ini bisa menjadi acuan bagi pengelola, pemilik, asosiasi dan sebagainya. Sekali lagi yang terpenting dari semuanya dibutuhkan kedisiplinan dari para pelaku usaha dan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan," kata Frans Teguh.

Selanjutnya

Comments