Kemenparekraf Gelar Pelatihan Pendamping Desa Wisata bagi Dosen

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Kemenparekraf Gelar Pelatihan Pendamping Desa Wisata bagi Dosen

Kemenparekraf Gelar Pelatihan Pendamping Desa Wisata bagi Dosen

KEPONEWS.COM - Kemenparekraf Gelar Pelatihan Pendamping Desa Wisata bagi Dosen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menggelar acara Training of Trainer Pendampingan Desa Wisata untuk meningkatkan kualitas pengelola dan masyarakat di desa wisata bagi d...

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menggelar acara Training of Trainer Pendampingan Desa Wisata untuk meningkatkan kualitas pengelola dan masyarakat di desa wisata bagi dosen perguruan tinggi. Acara ini diselenggarakan beberapa hari lalu.

Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata, Wisnu Bawa Tarunajaya mengatakan, program Pelatihan bagi Pendamping Desa Wisata merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh Kemenparekraf. Ini dilakukan untuk mempercepat laju perekonomian di sektor pariwisata, tidak hanya berorientasi pada lingkungan perkotaan tetapi juga di pedesaan.

desa wisata

Program ini diinisiasi karena adanya kebutuhan membangun desa menjadi desa wisata sesuai arahan Presiden pada tahun 2017 untuk gerakan mengembangkan desa wisata dengan menggabungkan desa dengan pariwisata. Ini dilakukan untuk membangun ekonomi kerakyatan dan menciptakan ketahanan nasional melalui desa yang mandiri, kata Wisnu Bawa seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Senin, (13/7/2020).

Pelatihan pendampingan ini selain sebagai satu bentuk penerapan kebijakan dari pemerintah juga sebagai salah bentuk kepedulian Kemenparekraf untuk mengembangkan desa melalui pendampingan yang terarah, terukur, dan dapat dimonitor pergerakannya dengan baik dan mengacu pada konsep keberlanjutan.

Selain itu, Kemenparekraf bekerja sama dengan Kemendes PDTT dan perguruan tinggi membuat Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Berbasis Pendampingan untuk mengimplementasikan salah satu peran dari Tridharma Perguruan Tinggi ialah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Program kerja sama sudah dilakukan semenjak tahun 2019 yang diikuti oleh sebanyak 55 perguruan tinggi. Pada tahun 2020 ini diikuti oleh sebanyak 109 perguruan tinggi yang menyebar di seluruh provinsi di Indonesia, kata Wisnu Bawa.

Spesialis Pariwisata, Vitria Ariani mengatakan, program Pelatihan Pendamping Desa Wisata tahun ini tidak hanya pada tataran pemahaman dasar wacana sadar wisata dan desa wisata. Namun juga memberikan informasi-informasi baru terkait dengan sektor pariwisata di era new normal cleanliness, healthy, safety dan enviroment di desa wisata.

Gaya Tara Basro dan Daniel Adnan Kompak Pakai Daster, Netizen: The Real Uwu

Dalam kegiatan pengembangan desa wisata, peserta diberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi diri salah satunya dengan melakukan pengembangan produk pariwisata di desa wisata berupa exploring, packaging, dan presentation. Sehingga dalam pengembangan desa wisata masyarakat diharapkan mempunyai keunikan, ciri khas berbasis kearifan lokal.

(DRM)

Comments