Kemenparekraf Dorong Akselerasi Pertumbuhan Wisata Belanja & Kuliner

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Kemenparekraf Dorong Akselerasi Pertumbuhan Wisata Belanja & Kuliner

Kemenparekraf Dorong Akselerasi Pertumbuhan Wisata Belanja & Kuliner

KEPONEWS.COM - Kemenparekraf Dorong Akselerasi Pertumbuhan Wisata Belanja & Kuliner JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong pertumbuhan wisata belanja dan masakan di Indonesia. "Wisata masakan dan belanja merupakan salah satu wisata yang...

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong pertumbuhan wisata belanja dan masakan di Indonesia.

"Wisata masakan dan belanja merupakan salah satu wisata yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap perekonomian," ujar Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo pada acara Penandatanganan Kerja Sama antara Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dan Vasanta Innopark di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat, Kamis (14/11/2019).

Dia mengatakan data terakhir yang diterbitkan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif di Indonesia pada 2018 mencapai Rp1.105 triliun.

Laki-laki dan perempuan

"Di mana nilai kontribusi dari masakan, fashion dan kriya itu lebih dari 70 persen. Jadi, kita bisa melihat bagaimana potensi untuk pengembangan wisata belanja dan wisata masakan di Indonesia," kata penyandang gelar Master of Commerce dari The University of New South Wales, Australia itu.

Angela menuturkan Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan taktik eksekusi untuk memperkuat keberadaan merek-merek lokal di Indonesia, sekaligus mendorong keberadaan dan daya saingnya di mancanegara.

"Kemenparekraf meyakini bahwa potensi wisata belanja dan masakan akan dapat terakselerasi ke depannya dengan melibatkan semua stakeholders," kata anggota termuda di Kabinet Indonesia Maju itu.

Laki-laki dan perempuan

Angela mengapresiasi inisiatif Hippindo yang ikut berperan aktif dalam pertumbuhan ekonomi kreatif nasional. Hippindo akan mengembangkan Hippindo City sebagai destinasi wisata belanja baru di koridor Timur Jakarta.

Destinasi hasil kolaborasi Hippindo dengan pengembang properti Vasanta Innopark dan Mitsubishi Corporation ini digadang-gadang menjadi ikon baru yang dapat menarik wisatawan.

Hadirnya merek-merek lokal sebagai tenant utamanya diharapkan dapat mendorong pengembangan sektor ekonomi kreatif, dimana masakan merupakan salah satu subsektornya.

"Untuk itu, kami menyokong penuh inisiatif strategis Hippindo dan Vasanta sebagai salah satu upaya akselerasi ekosistem ekonomi kreatif nasional dan sebagai upaya kita bersama untuk memberikan prioritas kepada produk dan merek lokal, sekaligus meningkatkan aktivitas retail," tuturnya.

Selanjutnya

Comments