Kemenkes Tetapkan Masa Inkubasi 28 Hari untuk COVID-19 Kapal Pesiar Diamond Princess

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Kemenkes Tetapkan Masa Inkubasi 28 Hari untuk COVID-19 Kapal Pesiar Diamond Princess

Kemenkes Tetapkan Masa Inkubasi 28 Hari untuk COVID-19 Kapal Pesiar Diamond Princess

KEPONEWS.COM - Kemenkes Tetapkan Masa Inkubasi 28 Hari untuk COVID-19 Kapal Pesiar Diamond Princess Kementerian Kesehatan menduga penyakit COVID-19 telah bermutasi. Hal ini didasari dari temuan di kapal pesiar Diamond Princess bahwa pasien positif tidak menunjukan gejala berat. Ya, mereka yang posit...
Loading...

Kementerian Kesehatan menduga penyakit COVID-19 telah bermutasi. Hal ini didasari dari temuan di kapal pesiar Diamond Princess bahwa pasien positif tidak menunjukan gejala berat.

Ya, mereka yang positif COVID-19 terlihat seperti orang dengan flu biasa saja. Jadi, mereka ini yang ada di dalam Kapal Diamond Princess ada yang tidak menunjukan gejala sulit bernapas. Fakta tersebut membuat Kemenkes mengeluarkan ketetapan baru yaitu masa inkubasi 28 hari.

"Tapi, mesti dicatat di sini bahwa masa inkubasi 28 hari ini diberlakukan hanya di epicentrum saja dan karena kapal pesiar Diamond Princess sudah ditetapkan sebagai epicentrum baru COVID-19, maka masa inkubasinya berbeda," terang Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto, di Kantor Kemenkes, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Penetapan masa inkubasi selama 28 untuk epicentrum telah disepakati bersama secara global. Hal ini didasari atas kasus penemuan pasien positif COVID-19 di China yang mana pasien ini baru confirm COVID-19 di hari perawatan ke-20.

Kapal Pesiar Diamond Princess

(Foto : Business Insider)

Ketetapan ini akan berpengaruh pada proses penjemputan WNI yang masih ada di dalam Kapal Diamond Princess. Mereka yang masih di kapal pun diketahui telah ditetapkan sebagai penderita dalam pengawasan (PDP). Jadi, proses penjemputan pun akan menerapkan masa inkubasi selama 28 hari.

"Jadi, kapal rumah sakit yang rencananya akan datang untuk menjemput WNI yang dinyatakan negatif COVID-19 bakal digunakan juga sebagai tempat observasi mereka ini yang sedang menjalani masa inkubasi," terang Yuri.

Yuri menerangkan, tapi masyarakat Indonesia jangan khawatir dengan kedatangan WNI ini. Karena, kalau dilihat dari waktu tempuh perjalanan, dari Surabaya menuju Jepang saja sudah menghabiskan waktu 14 harian, dan waktu pulangnya pun sama.

"Sehingga, setelah sampai di Tanah Air, WNI yang dinyatakan negatif COVID-19 dari kapal pesiar Diamond Princess ini diharapkan clear," tambahnya.

(hel)

Toilet J...

Comments