Kemenkes dan Pemda Natuna Bangun Posko Kesehatan di Luar Lokasi Observasi

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Kemenkes dan Pemda Natuna Bangun Posko Kesehatan di Luar Lokasi Observasi

Kemenkes dan Pemda Natuna Bangun Posko Kesehatan di Luar Lokasi Observasi

KEPONEWS.COM - Kemenkes dan Pemda Natuna Bangun Posko Kesehatan di Luar Lokasi Observasi Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Daerah di Natuna membangun posko kesehatan untuk masyarakat sekitar lokasi observasi Natuna. Dibangunnya posko kesehatan tersebut sesuai dengan permintaan masyarak...

Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Daerah di Natuna membangun posko kesehatan untuk masyarakat sekitar lokasi observasi Natuna. Dibangunnya posko kesehatan tersebut sesuai dengan permintaan masyarakat.

Dijelaskan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantono, posko kesehatan tersebut didirikan di sekitar Pantai Piwang, Natuna.

"Posko kesehatan ini dibangun atas kerja sama Kemenkes dan Pemerintah Kabupaten Natuna. Pos kesehatan ini akan melayani masyarakat dengan baik," terangnya langsung dari Natuna melalui Skype di Kantor Kemenkes, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Anung melanjutkan, pos kesehatan ini juga akan menjadi tempat bagi masyarakat di Natuna yang membutuhkan berita mengenai infeksi virus korona baru (2019-nCoV). Jadi, tenaga kesehatan yang ditempatkan di sana itu dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan dan tenaga kesehatan setempat. Terkait dengan berapa jumlahnya, Anung menyatakan belum mendapatkan berita.

Fasyankes

(Foto : kemkes.go.id)

So, ada apa saja di posko kesehatan ini?

Anung menerangkan bahwa di sana dilengkapi dengan alat pemeriksaan kesehatan tubuh, seperti stetoskop dan termometer untuk mengecek suhu tubuh. "Disediakan juga satu ambulans dari dinas kesehatan setempat," sambungnya.

Ia pun coba memaparkan lokasi pasti posko kesehatan ini. Menurut Anung, pos kesehatan tersebut berjarak 1 km dari Puskesmas terdekat Lanud Raden Sadjad dan berjarak sekitar 3 km dari Rumah Sakit. "Jadi, sangat strategis sekali untuk bisa dimanfaatkan masyarakat Natuna," tambahnya.

(hel)

Comments