Kemendag Pastikan Tak Akan Impor Cabai

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Kemendag Pastikan Tak Akan Impor Cabai

Kemendag Pastikan Tak Akan Impor Cabai

KEPONEWS.COM - Kemendag Pastikan Tak Akan Impor Cabai MATARAM - Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Perdagangan dan Jasa, Lasminingsih, menyatakan Kementerian Perdagangan tidak akan mengimpor cabai untuk mengendalikan inflasi karena bukan jenis komodita...

MATARAM - Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Perdagangan dan Jasa, Lasminingsih, menyatakan Kementerian Perdagangan tidak akan mengimpor cabai untuk mengendalikan inflasi karena bukan jenis komoditas tahan lama.

"Masak mau impor cabai, itu kan komoditas yang tidak tahan lama," kata Lasminingsih, ketika memantau kegiatan pasar murah yang digelar Dinas Perdagangan Nusa Tenggara Barat, di Mataram, Selasa.

Harga Mahal, Kemendag Duga Pasokan Cabai Rendah

Menurut dia, harga kebutuhan pokok secara nasional relatif stabil. Hanya cabai yang harganya relatif mahal secara nasional karena ketersediaanya sedikit terganggu di musim kemarau saat ini.

Cabai

"Tapi sejauh mana terganggunya, Alhamdulillah tidak terlalu seperti tahun-tahun sebelumnya karena kita sudah bisa menjaga kondisi. Mahalnya harga cabai itu kan musiman," ujar Lasminingsih yang didampingi Kepala Dinas Perdagangan NTB Selly Andayani.

Cabai Rawit Tembus Rp100.000/Kg, Masyarakat: Kami Tidak Sanggup

Ia memperkirakan harga cabai kembali pulih atau normal seperti biasa pada akhir Agustus 2019. Hal itu karena pada awal September para petani akan mulai panen cabai sehingga ketersediaannya di pasaran akan melimpah.

Kementerian Perdagangan juga dalam jangka pendek akan melakukan banyak sekali langkah strategis untuk menekan laju peningkatan harga cabai di pasaran.

Harga Cabai Merah Naik Tembus Rp53.500/Kg, Bawang Putih Rp52.000/Kg

"Kalau cabai ini kasusnya berbeda dengan bawang putih atau bawang merah yang lebih tahan lama. Kalau kedua komoditas itu mengalami kenaikan harga, maka akan dilakukan impor," ucap Lasminingsih.

Selanjutnya

Comments