Keluh kesah ratusan ribu pegawai negeri AS yang tak gajian akibat penutupan pemerintah federal

Internasional

News / Internasional

Keluh kesah ratusan ribu pegawai negeri AS yang tak gajian akibat penutupan pemerintah federal

Keluh kesah ratusan ribu pegawai negeri AS yang tak gajian akibat penutupan pemerintah federal

KEPONEWS.COM - Keluh kesah ratusan ribu pegawai negeri AS yang tak gajian akibat penutupan pemerintah federal Sekitar 800 ribu pegawai pemerintahan Amerika Serikat tak mendapatkan gaji pertama mereka di tahun 2019. Penutupan sebagian lembaga federal mencapai titik terburuk dalam sejarah. Mereka yang tak menda...


Sekitar 800 ribu pegawai pemerintahan Amerika Serikat tak mendapatkan gaji pertama mereka di tahun 2019. Penutupan sebagian lembaga federal mencapai titik terburuk dalam sejarah.

Mereka yang tak mendapatkan penghasilan bulan Januari karena shutdown pemerintah federal AS ini merupakan para karyawan bandara, detektif Biro Investigasi Federal (FBI), hingga sipir penjara.

Para pelayan publik AS ini seharusnya mendapatkan gaji, Jumat (11/01). Situasi yang terjadi mendorong mereka mengunggah slip gaji ke sosmed.

Oscar Murillo, insinyur luar angkasa di Badan Antariksa AS (NASA), menunjukkan slip gaji kosong yang diterimanya ke akun Twitter. Ia mengaku kehabisan uang karena kondisi ini.

Sementara pengguna Twitter lainnya, Cat Heifner, mengunggah slip gaji bernilai satu sen yang diterima saudara lekakinya, seorang pengendali lalu lintas udara.

https://twitter.com/catheifner/status/1083405211820019712

Situs jual-beli Craigslist pun dibanjiri iklan para pegawai pemerintahan federal yang berupaya menjual harta benda mereka.

Barang-barang itu beraneka rupa, dari kasur hingga boneka lawas. Mereka mencantumkan pula tulisan 'government shutdown specials' alias produk khusus selama penutupan pemerintah federal.

"Dijual U$93,88 (Rp1,3 juta) di Wallmart, tapi di sini saya jual US$10 (Rp141 ribu)," demikian tertulis di iklan sebuah kursi goyang.

"Kami membutuhkan uang untuk membayar tagihan," tulis sang penjual.

Amerika SerikatGetty Images Karena diberhentikan sementara waktu, sejumlah pegawai federal mengikuti seleksi guru agar tetap bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Comments