Keluarga Berpengaruh Besar terhadap Pilihan Karier

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Keluarga Berpengaruh Besar terhadap Pilihan Karier

Keluarga Berpengaruh Besar terhadap Pilihan Karier

KEPONEWS.COM - Keluarga Berpengaruh Besar terhadap Pilihan Karier BANYAK faktor yang bisa memengaruhi Anda dalam memilih jalur karier. Mulai dari cara keluarga membentuk Anda hingga persepsi terhadap banyak sekali jenis pekerjaan. Mungkin Anda memilih karier dikaren...
Loading...

BANYAK faktor yang bisa memengaruhi Anda dalam memilih jalur karier. Mulai dari cara keluarga membentuk Anda hingga persepsi terhadap banyak sekali jenis pekerjaan. Mungkin Anda memilih karier dikarenakan telah lahir dan tumbuh di tengah keluarga yang menjalani profesi tertentu. Atau bisa saja Anda memilih karier yang sesuai dengan kehidupan ketika ini. Berikut pengaruh keluarga terhadap pilihan karier seseorang seperti dikutip dari Chron.com.

Pengaruh Positif Orangtua

BERITA REKOMENDASI

Kebanyakan anak tumbuh dengan melihat profesi orangtua. Seorang anak yang mengagumi ibunya sebagai guru yang hebat dengan teknik mengajar yang baik, akan berusaha mengejar karier di dunia pendidikan. Tekanan orangtua juga bisa membuat anak akhirnya memilih pekerjaan tertentu. Misalnya suami-istri yang menjalankan urusan ekonomi keluarga tentu ingin anak-anak melanjutkan usaha tersebut. Selain itu, orangtua juga bisa mendorong anak untuk meraih karier yang bagus. Mereka menunjukkan pada anak perihal profesi bergengsi yang menjanjikan gaji besar. Orangtua ingin anak-anak menjalani pekerjaan tersebut..

Pengaruh Negatif Orangtua

Perilaku seseorang dalam memilih pekerjaan dan karier juga bisa dipengaruhi oleh orangtua yang workaholic dan jarang di rumah. Biasanya, anak-anak akan memilih pekerjaan dengan jam kerja fleksibel sehingga punya banyak waktu bersama anak-anak.

Pengaruh Pasangan

Ketika sepasang suami-istri menikah, maka mereka bisa saling memengaruhi dalam hal pilihan karier. Misalnya, bila suami pindah tugas ke kota lain, maka istri akan memilih berhenti kerja, meninggalkan karier dan mencari pekerjaan baru yang dekat dengan tempat kerja pasangannya.

Pengaruh Anak-anak

Mungkin Anda merupakan wanita karier, pekerja keras, dan berambisi menduduki pucuk pimpinan. Tapi, setelah punya anak, segalanya bisa berubah. Prioritas hidup Anda bergeser. Anda bisa saja melepaskan karier yang sudah dibangun bertahun-tahun demi bisa mengurus anak di rumah. Anda akan memilih pekerjaan lain yang lebih fleksibel. Sementara, bila Anda ialah orangtua tunggal, maka Anda akan bekerja lebih keras. Anda ingin mengejar karier agar mendapatkan uang lebih banyak. Atau Anda akan melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu.

Keluarga Berpengaruh Besar terhadap Pilihan Karier
Loading...

Comments