Kecoa dan Lalat Tumbuh Subur, Lebah dan Kupu-kupu Menyusut, Ada Apa?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Kecoa dan Lalat Tumbuh Subur, Lebah dan Kupu-kupu Menyusut, Ada Apa?

Kecoa dan Lalat Tumbuh Subur, Lebah dan Kupu-kupu Menyusut, Ada Apa?

KEPONEWS.COM - Kecoa dan Lalat Tumbuh Subur, Lebah dan Kupu-kupu Menyusut, Ada Apa? Sebuah kajian ilmiah perihal jumlah serangga menyebutkan bahwa hewan-hewan mengalami "tingkat penurunan dramatis" sebanyak 40 persen di seluruh dunia. Penelitian tersebut mengungkapkan jumlah serangga...

Sebuah kajian ilmiah perihal jumlah serangga menyebutkan bahwa hewan-hewan mengalami "tingkat penurunan dramatis" sebanyak 40 persen di seluruh dunia.

Penelitian tersebut mengungkapkan jumlah serangga seperti lebah, semut, dan kumbang menghilang delapan kali lebih cepat dibanding mamalia, burung, atau reptil.

Namun para peneliti mengatakan bahwa beberapa spesies, seperti lalat rumah dan kecoa, cenderung berkembang pesat.

Mata rantai yang putus

Secara umum penurunan jumlah serangga ini disebabkan oleh pertanian intensif, pestisida, dan perubahan iklim.

Serangga merupakan makhluk yang paling banyak hidup di darat, dan memberikan manfaat utama bagi banyak spesies lain, termasuk manusia.

Mereka menyediakan makanan untuk burung, kelelawar dan mamalia kecil; mereka menyerbuki sekitar 75 perse dari tanaman di dunia; mereka mengisi kembali tanah dan menjaga sejumlah hama.


Serangga menyerbuki sekitar 75% tanaman di dunia. - Getty Images

Banyak penelitian lain dalam beberapa tahun terakhir menyebutkan bahwa spesies individu serangga, seperti lebah, mengalami penurunan besar, terutama di negara-negara maju.

Namun dalam penelitian baru, yang diterbitkan dalam jurnal Biological Conservation, mengkaji 73 studi yang ada dari seluruh dunia yang diterbitkan selama 13 tahun terakhir.

Angka yang "sangat serius"

Para peneliti menemukan bahwa penurunan di hampir semua wilayah dapat menyebabkan kepunahan 40% serangga selama beberapa dekade mendatang. Sepertiga spesies serangga digolongkan terancam punah.

"Faktor utama merupakan hilangnya tempat asal, karena praktik pertanian, urbanisasi dan deforestasi," kata penulis utama Dr Francisco S nchez-Bayo, dari Universitas Sydney, kepada BBC News.

"Kedua ialah meningkatnya penggunaan pupuk dan pestisida di pertanian di seluruh dunia dan kontaminasi dengan semua jenis polutan kimia. Ketiga, kami mempunyai faktor biologis, seperti spesies invasif dan patogen; dan keempat, kita ada perubahan iklim, terutama di daerah tropis yang terkenal mempunyai dampak besar. "


Jumlah kumbang kotoran juga mengalami penurunan menurut penelitian terbaru. - Getty Images

Beberapa hal yang menarik dari penelitian ini termasuk jumlah serangga terbang yang menurun tajam di Jerman baru-baru ini dan penurunan besar-besaran di hutan tropis di Puerto Rico, terkait dengan kenaikan suhu global.

Para pakar lainnya mengatakan temuan itu "sangat serius".

"Ini bukan hanya wacana lebah, atau bahkan perihal penyerbukan dan memberi makan diri kita sendiri - penurunan terjadi pada kumbang-kumbang kotoran yang mendaur ulang limbah serta serangga seperti capung yang memulai kehidupan di sungai dan kolam," kata Matt Shardlow dari lembaga pegiat Buglife di Inggris.

image_title

Pasien Inggris 'Bebas' HIV Setelah Pengobatan Sel Punca

image_title

Pameran Mobil Jenewa: Dari yang Indah, Futuristik Hingga yang Aneh

image_title

Singapura Larang Konser yang Grup Musiknya Merendahkan Agama

"Semakin jelas ekologi planet kita hancur dan ada kebutuhan untuk upaya global dan intens untuk menghentikan dan membalikkan tren yang mengerikan ini. Membiarkan kehidupan serangga diberantas pelan-pelan bukan merupakan pilihan rasional."

Jumlah hama terus meningkat

Para penulis khawatir wacana dampak penurunan serangga di sepanjang rantai makanan. Dengan banyaknya spesies burung, reptil dan ikan yang tergantung pada serangga sebagai sumber makanan utama mereka, kemungkinan spesies ini juga akan musnah.


Kecoa dan lalat dapat tumbuh subur sementara serangga lainnya menurun, kata para ahli. - Getty Images

Meski beberapa jenis serangga penting mengalami penurunan, kajian ini juga menemukan bahwa sejumlah kecil spesies cenderung bisa menyesuaikan dengan perubahan kondisi dan melakukannya dengan baik.

"Serangga hama yang berkembang biak dengan cepat mungkin akan berkembang karena kondisi yang lebih hangat, karena banyak musuh alami mereka, yang berkembang biak lebih lambat, akan menghilang," kata Prof Dave Goulson dari Universitas Sussex, Inggris, yang tidak terlibat dalam kajian ini.

"Sangat masuk akal bila kita nantinya berujung dengan malapetaka sejumlah kecil serangga hama, tetapi kita akan kehilangan semua yang indah yang kita inginkan, seperti lebah dan hoverflies dan kupu-kupu juga kumbang kotoran yang melakukan pekerjaan yang baik dalam membuang limbah hewan."

Apa yang bisa kita lakukan?

Prof Goulson mengatakan bahwa beberapa spesies generalis yang tangguh, mudah menyesuaikan diri, - seperti lalat rumah dan kecoa - tampaknya dapat hidup dengan nyaman di lingkungan buatan manusia, dan telah mengembangkan resistensi terhadap pestisida.

Ia menambahkan meskipun secara keseluruhan kondisi ini mengkhawatirkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang-orang, seperti membuat kebun mereka lebih ramah serangga, tidak memakai pestisida dan membeli makanan organik.


Membeli makanan organik ialah salah satu tindakan ramah serangga yang direkomendasikan oleh para ahli. - Getty Images

Penelitian lebih lanjut juga sangat diharapkan, karena 99% bukti penurunan serangga berasal dari Eropa dan Amerika Utara, hampir tidak ada yang berasal dari Afrika atau Amerika Selatan.

Pada akhirnya, bila sejumlah besar serangga menghilang, mereka akan tergantikan tetapi akan memakan waktu yang sangat lama.

"Kalau Kamu melihat apa yang terjadi pada kepunahan besar di masa lalu, mereka menelurkan radiasi adaptif besar-besaran di mana beberapa spesies yang berhasil menyesuaikan diri dan menempati semua relung yang tersedia dan berevolusi menjadi spesies baru," kata Prof Goulson kepada BBC News.

"Jadi, berikan waktu sejuta tahun dan saya tidak ragu akan ada beragam makhluk baru yang akan muncul untuk menggantikan makhluk yang musnah di abad ke-20 dan ke-21.

"Saya khawatir, nantinya tidak banyak hiburan untuk anak-anak kita."

Comments