Kebahagiaan Pengaruhi Produktivitas, Ilmu Neurosains Perlu Diterapkan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Kebahagiaan Pengaruhi Produktivitas, Ilmu Neurosains Perlu Diterapkan

Kebahagiaan Pengaruhi Produktivitas, Ilmu Neurosains Perlu Diterapkan

KEPONEWS.COM - Kebahagiaan Pengaruhi Produktivitas, Ilmu Neurosains Perlu Diterapkan JAKARTA - Faktor kebahagiaan telah terbukti mempengaruhi produktivitas dalam perusahaan. Bagaimana mencapainya? Salah satu cara ialah mengenal penerapan ilmu otak atau neurosains pada industri dan bid...

JAKARTA - Faktor kebahagiaan telah terbukti mempengaruhi produktivitas dalam perusahaan. Bagaimana mencapainya? Salah satu cara ialah mengenal penerapan ilmu otak atau neurosains pada industri dan bidang lainnya. Hal ini penting bagi semua level terutama pada pemimpin perusahaan.

Kesimpulan ini terpapar dalam Seminar Happy Brain at Work : Inspiring Talks from the Chief of Happiness Officers yang diadakan SINTESA atau Asosiasi Sinergi Terapan Neurosains Indonesia di Aston Rasuna Hotel, Jakarta, baru-baru ini.

Seminar tersebut dihadiri sejumlah pemimpin perusahaan seperti, Josephine Satyono Indonesia (Executive Director Global Compact Network UN), Herni Lukitomo (Chief Happiness Officer Darya Varia Laboratoria Indonesia), dan Mardi Wu (President Director Nutrifood).

"Hidup sehat itu bukan sekedar fisik namun juga pikiran. Kami benar-benar jalankan dalam keseharian kami di tempat kerja," ujar Mardi Wu dalam pemaparannya.

Menurutnya, Nutrifood memprioritaskan karyawan yang memiliki visi besar bukan sekedar alasan keuangan saja. Terlebih bagi para pemimpin yang bisa memberikan pengaruh. "Bagi kami menjadi pemimpin di perusahaan ialah yang bisa menularkan suasana bahagia," tambah Wu lagi.

Dengan suasana bahagia, Nutrifood telah mengukur keterlibatan dan kesehatan karyawan. Terbukti terus meningkat. "Tentu saja, kondisi ini menyebabkan perusahaan bisa lebih profitable," tuturnya.

Herni Lukitomo, Chief Happiness Officer Darya Varia Laboratoria Indonesia juga mengatakan hal senada. Ia merasakan pengalamannya sebagai profesional di banyak sekali industri seperti farmasi, penerbangan, hingga broadcasting.

Menurutnya Herni, walaupun masing-masing industri punya karakteristik yang berbeda, namun pada akhirnya hanya ada manusia di dalamnya. Dengan program coaching, dan banyak sekali pendekatan kegembiraan lainnya, ternyata ada hasil yang efektif.

"Saya ajak untuk semua terlibat misalnya lewat, games, saya buat suasana warna-warni yang menyenangkan. Akhirnya indeks keterlibatan karyawan naik dan bisa mendorong performa perusahaan," kata Herni.

Baginya mengenal neurosains sangat penting. Terutama ketika menghadapi tantangan stress di tempat kerja. "Saya suka neurosains, jadi saya bisa mengenal otak bekerja dan seolah bisa mengendalikannya," katanya.

Kebahagiaan Pengaruhi Produktivitas, Ilmu Neurosains Perlu Diterapkan

Comments