Kawanan Hiu Paus Jadi Magnet Wisatawan di Pantai Duta Probolinggo

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Kawanan Hiu Paus Jadi Magnet Wisatawan di Pantai Duta Probolinggo

Kawanan Hiu Paus Jadi Magnet Wisatawan di Pantai Duta Probolinggo

KEPONEWS.COM - Kawanan Hiu Paus Jadi Magnet Wisatawan di Pantai Duta Probolinggo Probolinggo - Di objek wisata Pantai Duta, Probolinggo kerap muncul kawanan hiu paus. Hewan ini pun jadi magnet bagi para wisatawan yang datang liburan ke sana.Di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, tid...

Probolinggo - Di objek wisata Pantai Duta, Probolinggo kerap muncul kawanan hiu paus. Hewan ini pun jadi magnet bagi para wisatawan yang datang liburan ke sana.

Di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, tidak hanya obyek wisata Pantai Bentar yang disinggahi hiu paus (Rhincodon typus) yang bermain-main. Tapi di obyek wisata Pantai Duta, di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, kawanan hiu paus berukuran sekitar 5-8 meter juga tampak asyik bermain semenjak awal Januari 2017 ini.

Ikan pemakan plankton ini memikat para wisatawan yang datang, karena baru kali ini kawanan hiu yang juga sering disebut sebagai hiu tutul muncul di perairan Pantai Duta Paiton. Jumlah pengunjung pun semakin ramai berdatangan melihat kawanan hiu tutul yang bermain dengan jarak sekitar 0,26 mil laut alias 500 meter dari bibir pantai, dengan menggunakan jasa perahu.

Selain menikamati munculnya hiu paus, ribuan pengunjung tampak asyik menikmati panorama Pantai Duta, yang dihiasi dengan barisan pohon cemara yang sejuk di tepi pantai. Namun, semenjak munculnya hiu paus ini, jumlah pengunjung meningkat sekitar 50 persen dari sebelumnya.

Wisatawan naik perahu melihat hiu pausWisatawan naik perahu melihat hiu paus (M Rofiq/detikTravel)"Penasaran ingin melihat hiu tutul di pantai Duta, karena baru sekarang ini di pantai Duta ada hiu tutul. Saya rombongan datang ke sini untuk melihat hiu tutul, sambil naik perahu," ujar Indriyani (40), salah satu pengunjung Pantai Duta, Senin (23/1/2017).

Sementara Hasan (38), pemilik jasa perahu mengatakan semenjak adanya hiu tutul di Pantai Duta, dirinya meraup untung perhari sebanyak Rp 400 ribu, yang sebelumnya hanya mendapat Rp 100-150 ribu. "Kalau hari libur bisa mencapai Rp 500 ribu," terang Hasan, ketika asyik ngobrol dengan wartawan di Pantai Duta.

Sedangkan pihak pengelola obyek wisata Pantai Duta sendiri mengaku, pengunjung dari dalam dan luar Probolinggo, semakin banyak. Bahkan, jumlahnya mencapai 3.500 hingga 4.000 orang pengunjung. Pengunjung hanya membayar tiket masuk hanya Rp 5.000 per orang.

"Semenjak hiu tutul main di Pantai Duta ini, pengunjung meningkat sekitar 20 hingga 25 persen. Kawanan hiu tutul pertama kali muncul di perairan Pantai Duta Paiton ini, karena mencari cuaca hangat dan mendapat banyak plankton," tutur Abdul Aziz, pengelola Pantai Duta di lokasi.

Kawanan hiu pausKawanan hiu paus (M Rofiq/detikTravel)(fay/fay)

Comments