Kata Pakar Kesehatan, Ini yang Harus Dilakukan Jika Terpapar Virus Corona

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Kata Pakar Kesehatan, Ini yang Harus Dilakukan Jika Terpapar Virus Corona

Kata Pakar Kesehatan, Ini yang Harus Dilakukan Jika Terpapar Virus Corona

KEPONEWS.COM - Kata Pakar Kesehatan, Ini yang Harus Dilakukan Jika Terpapar Virus Corona Ilustrasi virus Corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock) Saat ini, dunia sedang bergelut melawat pandemi COVID-19 yang disebabkan virus corona jenis baru SARS-CoV-2. Banyak sekali negara telah b...

Ilustrasi virus Corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)

Saat ini, dunia sedang bergelut melawat pandemi COVID-19 yang disebabkan virus corona jenis baru SARS-CoV-2. Banyak sekali negara telah berupaya dalam menangani pandemi ini.

Sebagian besar pemerintah di banyak sekali negara menutup sekolah dan perkantoran serta meminta masyarakatnya untuk beraktivitas di rumah.

Hal ini membuat seluruh anggota keluarga berkumpul di dalam rumah. Lalu bagaimana dengan penerapan physical distancing yang disarankan WHO saat berada di dalam rumah dengan anggota keluarga?

Menurut pakar kesehatan masyarakat dari UNLV School of Public Health, gagasan wacana physical distancing antar anggota keluarga bukan berarti harus benar-benar menjaga jarak 1,5 hingga 2 meter.

Physical distancing dalam kasus ini bisa bergantung pada situasi keluarga, kata pakar kesehatan.

Kalau ada seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah di rumah, anggota keluarga yang lain harus lebih berhati-hati.

Anggota keluarga lain harus membatasi kontak dan bertindak seolah-olah mereka berisiko terinfeksi dan mencuci tangan sebelum melakukan kontak langsung.

Ilustrasi karantina. [Shutterstock]Ilustrasi karantina. [Shutterstock]

Anggota keluarga dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga harus menjaga jarak sekitar 1,8 kaki dari anggota keluarga lainnya kalau memungkinkan. Lalu bagaimana bila seseorang di rumah telah terpapar virus Corona?

Dilansir laman Science Alert, Senin (30/3/2020), hal yang harus dilakukan pertama kali ialah melakukan karantina unruk menjaga kontak dengan orang lain sehingga bila selama masa karantina orang tersebut sakit, mereka tidak akan menyebarkan penyakit ke orang lain.

Orang yang terinfeksi mungkin dapat menyebarkan virus sebelum gejalanya dimulai, tetapi para ahli belum tahu seberapa besar kemungkinan mereka menulari orang lain dan kapan mereka menjadi menular. Inilah sebabnya mengapa orang yang terpapar penting melakukan physical distancing.

Selain menjaga jarak, orang yang terpapar juga harus menjaga kebersihan yang baik dan cuci tangan secara teratur.

Hindari penggunaan barang-barang rumah tangga atau peralatan makan bersamaan dan bersihkan permukaan benda yang sering dipegang, seperti telepon, konsol game, remote, sakelar lampu, keran, dan gagang toilet, secara teratur.

Ilustrasi Physical Distancing. [Shutterstock]Ilustrasi Physical Distancing. [Shutterstock]

Jikalau orang tersebut tidak terserang penyakit dalam waktu 14 hari setelah terpapar, orang itu kemungkinan negatif dan tidak perlu lagi melakukan karantina sendiri.

Sedangkan, jikalau ada anggota keluarga yang sakit dan menunjukkan gejala, orang yang merawat juga harus melindungi diri.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti melakukan isolasi orang yang sakit dari orang lain di ruang terpisah bila memungkinkan.

Selain itu, usahakan hanya satu anggota keluarga yang merawat orang tersebut untuk meminimalkan risiko penyebaran terhadap anggota keluarga lainnya.

Orang yang sakit juga harus menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin, kemudian membuangnya. Jikalau cuaca memungkinkan, buka jendela untuk menambah ventilasi.

Pengguna harus melakuka hal tersebut sampai orang yang sakit membaik. Karena sulitnya tes COVID-19 dilakukan, orang yang merawat bisa menghentikan cara tersebut 72 jam setelah gejalanya hilang dan setidaknya tujuh hari berlalu semenjak gejalanya pertama kali muncul.

Itulah kata pakar kesehatan masyarakat mengenai apa yang harus dilakukan seseorang dirumah yang telah terpapar virus corona. ( Lintang Siltya Utami).

Comments