Kasus Korupsi Cs, Ada 145 PNS Kementan yang Dipecat

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Kasus Korupsi Cs, Ada 145 PNS Kementan yang Dipecat

Kasus Korupsi Cs, Ada 145 PNS Kementan yang Dipecat

KEPONEWS.COM - Kasus Korupsi Cs, Ada 145 PNS Kementan yang Dipecat JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menonaktifkan pejabat Eselon II, III dan IV terkait dengan verifikasi wajib tanam bawang putih. Di mana saat ini tengah dilakukan pemeriksaan yang dilak...

JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menonaktifkan pejabat Eselon II, III dan IV terkait dengan verifikasi wajib tanam bawang putih. Di mana saat ini tengah dilakukan pemeriksaan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kantor Direktorat Jenderal Hortikultura.

"Dirjen Hortikultura bergerak mulai kemarin, mengecek kondisi riil lapangan. Kalau ada yang main-main akan segera ditindak," kata Amran saat ditemui di kantor Direktorat Jenderal Hortikultura, Rabu (14/8/2019).

Amran mengaku, sangat menyokong penuh KPK, Kejaksaan dan Kepolisian dalam mengumpulkan berita dan mengungkap kasus suap impor bawang putih ini secara terang benderang. Tujuannya, supaya publik clear melihat masalah ini.

Kasus Suap Impor Bawang Putih, Mentan Sidak ke Ditjen Hortikultura

"Saya merasa perlu mengambil langkah tegas, konkret dan segera sebagai komitmennya dalam menyokong anti korupsi," kata dia

Langkah ini, lanjut dia perlu untuk dilakukan demi reputasi Kementerian Pertanian yang diakui kinerja positifnya dalam membangun perekonomian Indonesia.

Mentan

"Kemarin KPK mengambil data dari sini (Ditjen Hortikultura) mengenai verifikasi wajib tanam. Untuk progress-nya sedang kami tunggu. Kami dukung KPK sepenuhnya, kami apresiasi dan kami salut pada KPK," jelas dia.

Dia mengungkapkan, semenjak awal sudah ada tiga orang satuan tugas KPK di Kementan untuk pencegahan korupsi. Itu bukti keseriusan bahwa Kementan ingin berjalan sebagaimana mestinya yang diharapkan masyarakat.

"Jadi ini juga guna menjaga marwah Kementerian Pertanian sebagai lembaga yang telah dua kali mendapatkan penghargaan anti gratifikasi pada 2017 dan 2018 dari KPK," tutur dia.

OTT Terkait Impor Bawang Putih, KPK Sita Bukti Sangkaan Suap Rp2 Miliar

Dia menambahkan, ada sekitar 145 orang pegawai di Kementan yang telah dipecat dan demosi karena bermasalah. Bahkan secara keseluruhan di Kementerian Pertanian terdapat 1.432 pegawai telah didemosi dan mutasi. Karena berani main-main.

"Sebenarnya langkah antisipasi telah dilakukan semenjak tiga tahun terakhir. Caranya yaitu dengan mem-blacklist importir yang tidak menyelesaikan kewajiban tanam. Bahkan untuk pertama kalinya dalam sejarah tercatat ada 72 perusahaan bawang yang di-blacklist oleh Ditjen Hortikultura. Kebanyakan merupakan produk impor bawang putih, bawang merah dan bawang bombay," pungkas dia.

Selanjutnya

Comments