Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes Budi: Kita Harus Merenung

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes Budi: Kita Harus Merenung

Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes Budi: Kita Harus Merenung

KEPONEWS.COM - Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes Budi: Kita Harus Merenung Kasus Covid-19 di Indonesia tembus 1 juta, tepatnya 1.012.350 kasus. Jumlah tersebut akumulasi dari penambahan kasus per hari ini sebanyak 13.094 kasus. Namun, dari 1 juta lebih kasus Covid-19 tersebu...

Kasus Covid-19 di Indonesia tembus 1 juta, tepatnya 1.012.350 kasus. Jumlah tersebut akumulasi dari penambahan kasus per hari ini sebanyak 13.094 kasus.

Namun, dari 1 juta lebih kasus Covid-19 tersebut, kasus aktifnya sebanyak 163.526 atau 16,2 persen dari kasus terkonfirmasi. Kasus aktif merupakan pasien yang saat ini sedang dirawat atau diisolasi di rumah sakit ataupun menjalankan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Selain itu, per hari ini kasus sembuh dari Covid-19 tercatat bertambah 10.868 orang. Sehingga total sebanyak 820.356 orang sembuh atau jikalau dipresentasikan sebanyak 81 persen telah sembuh dari terkonfirmasi positif Covid-19.

menangani pasien Covid-19

Sementara jumlah yang meninggal kembali bertambah 336 orang. Sehingga meninggal menjadi 28.468 orang. Di mana saat ini persentase kematian karena Covid-19 sebesar 2,8 persen.

Lantas, apa pendapat Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melihat angka kasus 1 juta ini?

"Hari ini merupakan hari di mana jumlah orang yang terpapar Covid-19 di Indonesia tembus 1 juta orang. Angka ini mempunyai makna dua hal yang harus kita sadari. Angka ini membuat kita harus merenung dan ada dua momen penting yang harus kita sadari," kata Menkes Budi di Istana Negara dilihat Okezone di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (26/1/2021).

Momen penting pertama, kata Menkes Budi, merupakan ini saatnya kita berduka, karena banyak saudara kita yang sudah wafat, ada lebih dari 600 tenaga kesehatan yang sudah gugur dalam menghadapi pandemi ini, dan mungkin sebagian keluarga dekat dan sahabat dekat meninggalkan kita.

"Ini momen pertama yang harus kita lalui, bahwa ada rasa sedih yang mendalam dari pemerintah, dari seluruh rakyat Indonesia atas angka ini," katanya.

Momen kedua, terang Menkes Budi, kita juga harus sadar bahwa kita harus bekerja sangat besar sehingga pengorbanan yang sudah dilakukan oleh teman-teman, khususnya tenaga kesehatan, tidak sia-sia.

"Angka 1 juta ini memberikan indikasi bahwa seluruh masyarakat harus bersama dengan pemerintah bekerja sama dengan lebih keras lagi," terangnya.

(DRM)

Comments