KASAD Andika Perkasa Bangga Personelnya Bisa Tembakkan Roket Akurat Hingga Jarak 16 Km

Nasional

News / Nasional

KASAD Andika Perkasa Bangga Personelnya Bisa Tembakkan Roket Akurat Hingga Jarak 16 Km

KASAD Andika Perkasa Bangga Personelnya Bisa Tembakkan Roket Akurat Hingga Jarak 16 Km

KEPONEWS.COM - KASAD Andika Perkasa Bangga Personelnya Bisa Tembakkan Roket Akurat Hingga Jarak 16 Km BATURAJA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengaku bangga dengan seluruh personelnya yang terlibat dalam latihan tempur Kartika Yudha tahun 2020 pada Kamis (26/11/20...

BATURAJA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengaku bangga dengan seluruh personelnya yang terlibat dalam latihan tempur Kartika Yudha tahun 2020 pada Kamis (26/11/2020).

Diketahui, latihan tempur itu dilakukan oleh sekitar 3.300 personel TNI AD di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD, Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Kamis (26/11/2020).

Jenderal Andika yang menyaksikan langsung acara itu mengaku telah banyak hal yang baru dari jajarannya. Bukan hanya alutsista canggih dan modern, jajarannya juga mulai dinilai telah semakin handal dan diperhitungkan dalam medan tempur.

Dia mencontohkan meriam berbasis roket yang ditembakkan oleh pasukan Yon Armed 1. Mereka mulai bisa memperbarui skill jarak tembak rudal hingga 16 Km atau lebih besar 3 Km dari latihan sebelumnya.

"Hari ini pertama kali mencoba meriam yang berbasis munisi yang lintas balistik tapi berbasis roket. Untuk pertama kali kita menembak dari jarak 16 Km. Kalau tahun lalu, sekitar 12 sampai 13 Km," kata Jenderal Andika saat meninjau latihan tempur di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD, Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Kamis (26/11/2020).

Sejatinya, kemampuan menembak alutsista berbasis roket itu bisa mencapai jarak maksimal 80 Km. Namun karena ketersediaan lahan dan perhitungan keamanan, latihan para personel baru bisa memperpanjang jarak tembak hingga 16 Km.

Dia juga mengaku senang dengan percobaan helikopter serbu AH-64 Apache dalam latihan tempur kali ini.

Situasi Medan Latihan Tempur di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD, Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Kamis (26/11/2020).
  Situasi Medan Latihan Tempur di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD, Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Kamis (26/11/2020). (Tribunnews.com/Igman Ibrahim)

Menurut dia, jenis helikopter tempur jenis Apache yang dimiliki oleh TNI AD telah yang paling canggih.

"Kita juga tadi melihat penembakan heli kita yang apache. Saat ini yang tercanggih. Tadi kita mendemokan rudal atau hellfire. Namanya rudal akurasi jauh lebih diandalkan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Andika mengatakan pelatihan kali ini juga sebagai bentuk kesiapan seluruh personel TNI kalau bertarung di medan perang. Khususnya personel yang harus ditugaskan di daerah lainnya.

Comments