Kartu Pra Kerja Jokowi Bisa Dibiayai APBN 2020

Nasional

News / Nasional

Kartu Pra Kerja Jokowi Bisa Dibiayai APBN 2020

Kartu Pra Kerja Jokowi Bisa Dibiayai APBN 2020

KEPONEWS.COM - Kartu Pra Kerja Jokowi Bisa Dibiayai APBN 2020 Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail JAKARTA - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Johnny Plate menilai bahwa program Kartu Pra Kerja Jokowi sangat mungkin direalisasikan. Per...

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

JAKARTA - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Johnny Plate menilai bahwa program Kartu Pra Kerja Jokowi sangat mungkin direalisasikan.

Pernyataan Plate tersebut merespon penilaian Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menyebut program Kartu Pra Kerja tidak ada dananya.

Plate mengatakan kartu Pra Kerja Jokowi tersebut bisa direalisasikan meskipun ia tidak menampik program tersebut sulit diterapkan tahun ini.

"Kalau anggaran yang dimaksud tahun ini, 2019, kan sudah diputuskan anggarannya. Kalau mau dimasukkan ya revisi anggaran 2019. Nomenklaturnya harus ada penyesuaian," ujar Plate di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (6/3/2019).

Diduga Keracunan, 5 Peserta Raker Pengurus Barahmus DIY Muntah-muntah Dilarikan ke Rumah Sakit

Paling memungkinkan menurut plate program tersebut direalisasikan memakai anggaran 2020 yang pembahasannya dimulai dari sekarang.

"Apabila dibiayai melalui APBN, saya kira yang bisa kita lakukan kan 2020 bisa masuk. Jadi akan dibicarakan oleh DPR yang saat ini masih bekerja aktif, kan sampai Oktober. Jadi kami bisa mengawali persiapan itu untuk APBN 2020," Kata

Sekjen NasDem tersebut mengatakan bahwa kartu Pra Kerja Jokowi merupakan bagian dari perlindungan sosial masyarakat. Program tersebut merupakan rangkaian dari program KIP sekolah dan KIP kuliah.

"Hal seperti ini di Indonesia sebenarnya sangat butuh dari dulu. Tapi inisiatif ini muncul dari Pak Jokowi. Kami menyokong sekali. Di banyak negara seperti Eropa dan Amerika, itu bagian daro social security," pungkasnya.

Sebelumnya Jokowi akan menerbitkan kartu Pra Kerja yang diperuntukkan bagi mereka yang lulus SMA, SMK, Politeknik maupun perguruan tinggi yang mengikuti pelatihan namun belum mendapatkan pekerjaan. Dengan kartu tersebut mereka akan mendapatkan honor dari pemerintah meski belum menapatkan pekerjaan.

Kartu Pra Kerja Jokowi Bisa Dibiayai APBN 2020

Comments