Kapan Waktu yang Tepat untuk Periksa Kesehatan Mata?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Kapan Waktu yang Tepat untuk Periksa Kesehatan Mata?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Periksa Kesehatan Mata?

KEPONEWS.COM - Kapan Waktu yang Tepat untuk Periksa Kesehatan Mata? PEMERIKSAAN mata secara terencana penting untuk dilakukan. Ini bertujuan untuk mengantisipasi penglihatan yang kurang menjadi bertambah parah. Sayangnya, masih banyak orang yang belum menyadari pentin...

PEMERIKSAAN mata secara terencana penting untuk dilakukan. Ini bertujuan untuk mengantisipasi penglihatan yang kurang menjadi bertambah parah. Sayangnya, masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya melakukan pemeriksaan mata secara terpola.

"Secara global, orang dewasa tidak melihat perawatan mata sebagai prioritas teratas dibandingkan kebugaran dan pengurangan berat badan. Namun para orang tua khawatir bila anak-anak mereka memerlukan kacamata di masa depan," ujar spesialis mata dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), dr. Rina La Distia Nora, SpM(K), PhD saat di Tugu Kunstring Paleis, Jakarta, belum lama ini.

Ini 8 Jenis Mawar Terindah di Dunia

Idealnya, jelas dr. Rina, pemeriksaan mata pada orang dewasa dilakukan ketika penglihatan mata terganggu. Berusia 40 tahun atau lebih dini kalau mempunyai penyakit mata atau faktor risiko penyakit mata serta riwayat keluarga. Selain itu, mereka yang merupakan kelompok berisiko tinggi dengan riwayat diabetes, riwayat keluarga dengan glaukoma atau AMD (degenerasi makular).

"Setidaknya periksa mata setiap lima tahun sekali. Tapi kalo berusia 65 tahun ke atas, periksa mata setiap satu sampai dua tahun sekali," jelasnya.

Sementara pada anak-anak, dr. Rina menyarankan melakukan pemeriksaan mata setidaknya tiga kali sebelum sampai usia sekolah. Kemudian, kalau tidak ada risiko, pemeriksaan mata pada anak bisa dilakukan saat usia enam bulan sampai satu tahun pertama. Namun, jikalau anak mempunyai risiko, pemeriksaan harus dilakukan saat usia enam bulan.

Alya Nurshabrina Siap Berikan 300 Persen Kemampuan Terbaik untuk Harumkan Indonesia di Miss World 2018

"Usia dua sampai tiga tahun dan menjelang sekolah dasar. Mata kita itu organ penting. 80 persen berita dari mata jadi bisa dibayangkan kalo mata mengalami masalah, kesulitan mendapatkan berita," tandasnya.

(dno)

Comments