Kamu Tahu Asal Usul Halloween?

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Kamu Tahu Asal Usul Halloween?

Kamu Tahu Asal Usul Halloween?

KEPONEWS.COM - Kamu Tahu Asal Usul Halloween? Jakarta - Halloween dikenal sebagai perayaan dimana orang-orang menggunakan kostum yang unik atau menyeramkan. Sebenarnya, bagaimana asal usul Halloween?Halloween yang jatuh pada 31 Oktober setiap tah...

Jakarta - Halloween dikenal sebagai perayaan dimana orang-orang menggunakan kostum yang unik atau menyeramkan. Sebenarnya, bagaimana asal usul Halloween?

Halloween yang jatuh pada 31 Oktober setiap tahunnya, umumnya dirayakan di negara-negara barat seperti benua Amerika dan Eropa. Namun, seiring berkembangnya zaman, negara-negara di benua lain juga banyak yang merayakan Halloween.

Dilansir detikTravel dari banyak sekali sumber, Rabu (1/11/2017) Halloween juga sering disebut Allhalloween, All Hallows' Eve, atau All Saints' Eve. Sebenarnya, Halloween ialah sebuah akronim dari All Hallows' Evening, yang juga berkaitan dengan All Saints' Day.

Sejarah mengenai bagaimana Halloween muncul sebenarnya masih diperdebatkan. Menurut media Inggris The Telegraph, ada yang berpendapat bahwa perayaan ini berasal dari festival Celtic Pagan Samhain, di Irlandia, yang merayakan berakhirnya musim panas atau Summer's End.

Ada juga yang berpendapat bahwa perayaan ini merupakan malam Hari Raya Semua Orang Kudus (All Hallows' Day) di Kekristenan Barat. Di mana, mereka mendedikasi malam tersebut untuk mengenang orang-orang yang sudah meninggal dunia, termasuk arwah-arwahnya.

Di zaman sekarang, Halloween dikenal dengan parade kostum. Tidak selalu mengerikan, yang penting unik dan berbeda. Biasanya, aktivitas ini dibarengi dengan 'Trick or Treat', yaitu mengetuk pintu ke pintu dan meminta makanan atau uang, seperti ditulis oleh media History.

10 Tempat Berhantu Ala Google, Salah Satunya dari Indonesia

Menurut ABC News, Halloween juga menjadi perayaan di mana petani menandakan akhir musim panen dengan awal musim dingin. Pada saat tanaman mati, mereka percaya roh akan bangkit dari kuburan mereka. Maka, pada saat itulah orang-orang berpakaian menyeramkan untuk mengelabui.

Ornamen atau dekorasi yang umum digunakan pada saat Halloween ialah labu oranye, orang-orangan sawah, atau makhluk menyeramkan lainnya.

Perayaan Halloween memang kental dengan dunia Barat seperti di Eropa dan Amerika. Di Indonesia sendiri, tidak ada perayaan resmi yang dilakukan untuk memperingati hari tersebut. Tetapi, banyak sekali macam tempat rekreasi atau hiburan sering mengadakan acara dengan tema Halloween, untuk kepentingan hiburan belaka. (aff/aff)

Kamu Tahu Asal Usul Halloween?

Comments