Kamu Pasti Tidak Menyangka, Pak Harto Pernah Menjalani Profesi Ini

Trending

Fun / Trending

Kamu Pasti Tidak Menyangka, Pak Harto Pernah Menjalani Profesi Ini

Kamu Pasti Tidak Menyangka, Pak Harto Pernah Menjalani Profesi Ini

KEPONEWS.COM - Kamu Pasti Tidak Menyangka, Pak Harto Pernah Menjalani Profesi Ini Sebelum jadi Presiden RI kedua, Soeharto atau akrab dipanggil Pak Harto, karirnya lebih banyak malang melintang di dunia militer. Di militer, Pak Harto merintis karirnya dari pangkat terendah hingga j...

Sebelum jadi Presiden RI kedua, Soeharto atau akrab dipanggil Pak Harto, karirnya lebih banyak malang melintang di dunia militer. Di militer, Pak Harto merintis karirnya dari pangkat terendah hingga jadi jenderal bintang empat. Bahkan setelah itu dianugerahi gelar jenderal besar atau jenderal bintang lima, bersama Jenderal Nasution dan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Di militer pula, namanya melambung. Salah satu peristiwa peperangan yang melambungkan namanya ialah ketika terjadi Serangan Umum 1 Maret ke Yogyakarta. Meski masih kontroversi, dan jadi perdebatan, wacana siapa sebenarnya penggagas serangan umum itu, yang pasti peristiwa palagan di Yogyakarta yang mengagetkan Belanda itu, melekat dengan sosok Pak Harto.

Sumber foto: merdeka.comSumber foto: merdeka.com

Tapi bukan peristiwa serangan umum yang kemudian membalikan nasib Pak Harto. Merupakan peristiwa politik pada tahun 1965, yang membuat Pak Harto akhirnya bisa naik ke puncak kekuasaan. Ketika peristiwa kelam itu terjadi, Pak Harto sedang menjabat sebagai Pangkalan Kostrad atau Pangkostrad, dengan pangkat Letnan Jenderal. Karena Kepala Staf TNI AD, Jenderal Ahmad Yani terbunuh dalam peristiwa tahun 65 itu, maka Pak Harto yang kemudian naik jadi pucuk pimpinan di TNI AD.

Perlahan tapi pasti, Pak Harto menapaki tangga kekuasaan, hingga kemudian jadi Presiden menggantikan Soekarno. Bahkan Pak Harto jadi presiden cukup lama, 32 tahun lamanya. Tapi, tak banyak yang tahu, ternyata selain jadi tentara lelaki kelahiran Desa Kemukus itu, pernah menjalani profesi yang sama sekali jauh berhubungan dengan masalah perang dan senjata.

Profesi apa yang pernah dijalani Pak Harto yang jarang diketahui publik tersebut? Kamu pasti tak akan menyangka Pak Harto pernah jalani profesi ini. Pak Harto ternyata pernah menjadi pegawai magang di sebuah bank kecil di Wuryantoro. Pak Harto jadi pegawai magang di bank tersebut sekitar tahun 1940. Karena itu, Pak Harto pintar ngitung. Dan cepat kalau bicara soal angka. Ya, itu karena pengalamannya ketika bagi pegawai bank.

Comments