Kambang Iwak, Destinasi Wisata Wajib Keluarga di Palembang

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Kambang Iwak, Destinasi Wisata Wajib Keluarga di Palembang

Kambang Iwak, Destinasi Wisata Wajib Keluarga di Palembang

KEPONEWS.COM - Kambang Iwak, Destinasi Wisata Wajib Keluarga di Palembang Kota Palembang memiliki beragam destinasi wisata, mulai dari wisata sungai, alam, hingga masakan. Palembang juga memiliki sejumlah destinasi wisata ramah anak, seperti taman wisata Kambang Iwak. Seti...

Kota Palembang memiliki beragam destinasi wisata, mulai dari wisata sungai, alam, hingga masakan. Palembang juga memiliki sejumlah destinasi wisata ramah anak, seperti taman wisata Kambang Iwak.

Setiap akhir pekan, Kambang Iwak merupakan tempat yang tidak asing bagi anak-anak. Di sana, banyak objek permainan yang berkaitan dengan anak-anak, mulai dari permainan pasir kinetik, mancing ikan, mancing bola, hingga bermain perosotan. Keseruan dan keceriaan anak-anak sangat terlihat terang.

Taman ini juga menjadi tempat favorit warga Palembang untuk berolahraga jogging di sekitar daerah Kambang Iwak.

"Mainan di sini ada yang sistem rental. Kalau untuk pasir kinetik, bangun istana dari pasir sekali main Rp10.000, sepuasnya," kata Rina, salah satu pengunjung, Minggu 13 Mei 2018.

Kambang Iwak, Objek Wisata Ramah Anak

Fahrun Nissa, siswa kelas 2 SD, mengaku sering diajak Ayahnya ke Kambang Iwak. Tidak hanya di akhir pekan, namun juga di hari libur. Terkadang, ia sendiri yang meminta ayahnya untuk bermain ke Kambang Iwak.

"Di sini banyak permainan. Bisa main perosotan, main pasir, juga mancing bola. Banyak teman-teman juga," kata Nissa.

Kambang Iwak, Objek Wisata Ramah Anak

Selain permainan yang dirental, tidak sedikit juga anak-anak yang didampingi orangtuanya membawa permainan sendiri, mulai dari skateboard hingga sepatu roda.

Kambang Iwak juga menjadi salah satu destinasi wisata pertunjukan seni, budaya hingga perkumpulan banyak sekali komunitas, seperti komunitas musik, sepatu roda, skateboard, sepeda, hingga komunitas tari dan teater.

Peninggalan Belanda

Kambang Iwak, Objek Wisata Ramah Anak

Tiap akhir pekan, Taman Kambang Iwak kerap diramaikan masyarakat karena di sana juga dilengkapi dengan jogging track, mengelilingi danau atau sekadar berolahraga setiap pagi maupun pada sore hari.

Berdasarkan sejarah, taman Kambang Iwak merupakan salah satu peninggalan Belanda di kota Palembang. Taman Kambang Iwak merupakan taman kota yang sudah ada semenjak tahun 1.900-an.

Taman yang awalnya dibangun untuk orang keturunan Belanda ini merupakan tempat olahraga, memiliki danau di bagian tengahnya. Selain berfungsi sebagai penghias taman, danau buatan ini juga memiliki fungsi praktis sebagai tempat menampung luapan air hujan, sehingga bisa menangkal banjir.

Kambang Iwak, Objek Wisata Ramah Anak

Taman Kambang Iwak yang berlokasi di antara Jalan Tasik dan Jalan Sutomo Kota Palembang ini memiliki luas sekitar lima hektare persegi, dilengkapi banyak sekali fasilitas yang terus diperbarui.

Taman bermain anak, tempat duduk, keran air yang bisa langsung diminum, hingga fasilitas hotspot gratis bagi yang ingin mengakses internet sambil bersantai menikmati taman yang rindang.

Taman Kambang Iwak juga menunjukkan pemandangan indah dengan adanya air mancur di tengah danau. Apalagi sorotan lampu membuat air mancur terlihat sangat eksotis ketika malam hari.

Comments